Home > Lifestyle > Yuk, Berkenalan dengan Amigurumi!

Yuk, Berkenalan dengan Amigurumi!

Amigurumi3 Amigurumi2 Amigurumi

Amigurumi kerajinan merajut merenda boneka binatang

Apa kamu pernah mendengar Amigurumi sebelumnya? Kalau belum, saya ingin memperkenalkan salah satu kerajinan tangan yang sedang digemari oleh kalangan anak-anak hingga dewasa.

Amigurumi adalah salah satu kerajinan merajut atau merenda boneka binatang, manusia atau benda lainnya. Seni merajut ini berasal dari negara Jepang. Amigurumi berasal dari kata ami yang artinya merajut atau merenda, dan nuigurumi yang artinya adalah boneka.

Kesenian ini sudah populer selama beberapa dekade di Jepang. Sekitar tahun 2003 sampai 2006, amigurumi mulai merambah negara barat. Produk amigurumi dilaporkan menjadi produk yang terlaris di salah satu situs penjualan kerajinan dunia, yaitu etsy. Entah kapan pastinya, amigurumi mulai memasuki Indonesia. Saya sendiri mulai menekuni kerajinan ini sejak tahun 2012. Waktu itu buku panduan khusus amigurumi belum tersedia banyak. Saya belajar membuat project melalui situs-situs luar negeri yang menyediakan pola amigurumi gratis.

Waktu pertama kali mencoba pasti akan merasa kesulitan, karena proses pembuatan amigurumi memang membutuhkan kesabaran ekstra.  Namun, setelah kita berhasil membuat suatu project, dijamin akan terus ketagihan untuk membuat lagi dan lagi.

Untuk kamu yang sedang belajar membuat amigurumi, atau baru akan memulai membuat amigurumi, ada beberapa tips agar proses belajarmu lebih mudah dan menyenangkan.

1. Pelajari dasar-dasar merajut atau merenda.

Sebelum kamu ingin membuat amigurumi, tentunya kamu harus mengetahui dasar-dasar merajut atau merenda. Merajut dan merenda adalah dua hal yang berbeda. Merajut lebih dikenal dengan nama kniting, alatnya adalah jarum knit, terdiri dari dua batang jarum. Jarum knit ada yang terbuat dari kayu, besi ataupun plastik.

Amigurumi kerajinan merajut merenda boneka binatang

Merajut atau Kniting

sedangkan merenda lebih dikenal dengan nama crochet. Alat yang digunakan berupa satu jarum yang terdapat kait di ujungnya. Umumnya orang Indonesia tidak membedakan antara kniting dan crochet, semuanya disebut merajut.

Amigurumi kerajinan merajut merenda boneka binatang

Untuk membuat amigurumi, kebanyakan yang digunakan adalah crochet. Kamu bisa mempelajari dasar-dasar crochet melalui youtube, buku atau pun situs-situs kerajinan yang menyediakan polanya secara gratis. Tenang saja, sekarang semua yang ingin kamu tau tentang crochet ada di mbah google.

2. Gunakan benang rajut dan alat yang tepat.

Pilihlah alat rajut atau merenda yang sesuai dengan ukuran benang agar kamu tidak kesulitan dalam proses mengeluarkan atau memasukkan benang. Untuk kamu yang baru pertama membuat amigurumi, saya sarankan untuk menggunakan benang yang halus namun tidak gampang mbrudul atau terurai. Misalkan benang katun halus atau akrilik.

3. Usahakan untuk merapatkan rajutan.

Kunci membuat amigurumi menjadi terlihat bagus adalah kerapatan rajutan. Semakin rapat semakin bagus, karena bila terlalu longgar isian boneka akan terlihat dan membuat amigurumi terlihat tidak rapi.

4. Jangan ragu untuk memasukkan isian boneka.

Isian boneka yang digunakan biasanya adalah dakron, yaitu serat tekstil yang terdiri dari serat poliester sintesis. Biasanya banyak digunakan sebagai isian bantal. Dakron bisa didapatkan di toko aksesoris atau toko benang jahit.

Isi amigurumimu dengan dakron secara penuh. Jangan tangung-tanggung, isi saja sebanyak-banyaknya sampai full. Hal ini akan mempengaruhi bentuk amigurumimu. Bila kekurangan dakron maka hasilnya akan tidak bagus.

5. Menjahit dengan rapi.

Setelah semua bagian amigurumi selesai, finishing yang paling penting dan paling berpengaruh terhadap hasil karyamu adalah menjahit. Semakin rapi jahitanmu, semakin baik hasil amigurumimu. Sayang kan, kalau sudah capek-capek merajut tapi karena jahitannnya jelek akhirnya hasilnya tidak sesuai dengan keinginan? Maka dari itu, kita perlu belajar bagaimana cara merajut dengan rapi.

6. Jaga kebersihan tangan

Saat merajut, kadang tangan kita berkeringat, atau tanpa sadar kita tidak cuci tangan sehabis memegang makanan berminyak. Hmm…. jangan sampai ya? Sayang banget, kalau hasil rajutanmu harus bercak-bercak karena tangan kotor. Apalagi bila memakai benang yang berwarna terang, harus ekstra hati-hati menjaga kebersihan tangan kalau tidak mau hasil rajutan kita berubah warna.

selengkapnya...

About Anis Lotus

Anis Lotus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*