Yang Menarik dari Desa Wisata Gunung Kawi


[Explore Malang Selatan] Kalian pernah mengunjungi Gunung Kawi? Salah satu desa wisatanya adalah Wonosari. Desa Wonosari mungkin memang lebih dikenal dengan sebutan Gunung Kawi atau jika orang udah familiar akan menyebutnya dengan Kawi saja.
Ada yang menarik di Desa ini. Apa? Desa yang terdiri dari 14 RW ini setiap tahunnya mengadakan acara bertajuk Ritual Satu Suro. Dimana setiap RW akan menampilkan karya seni berupa Jolen Hias yang diselingin dengan musik dan tari warganya.

Namun, menariknya bukan acara tahunannya itu lho. Kalian pasti tahu, setiap harinya banyak wisatawan dari berbagai darah datang ke Desa ini untuk mengunjungi satu tempat. Yaps, Pesarean Gunung Kawi. Sebuah tempat yang menyimpang makam dari Eyang Djugo dan Mbah Imam Sujono.
Pesarean sering didatangi oleh mereka-mereka yang mempunyai tujuan tertentu. Dari berbagai Ras, Agama, dan Suku Bangsa juga Bahasa. Inilah uniknya, Gunung Kawi merupakan tempat dimana toleransi mendapatkan tempat istimewa.

Sikap saling menghargai keyakinan inilah yang membuat desa wisata ini sangat tenang dan damai. Bahkan setiap harinya wisatawan dengan berbagai macam suku dan agama berdatangan dan menjalankan ibadah sesuai keyakinan. Dengan menjunjung nilai toleransi inilah siapapun yang datang ke desa Wisata Gunung Kawi akan merasa aman dan nyaman.
Jangan lewatkan juga satu tempat wisata air terjun yang bertajuk Coban Baung satu ini. Jaraknya hanya 30 menit berjalan kaki dari Pesarean Gunung Kawi. Lokasinya sangat sejuk dan rindang. Lokasinya juga mudah diakses dengan berkendaraan juga lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *