Home > Info Malang > Ulang Tahun Ke-15, HARUM Menggelar Good Parenting Award

Ulang Tahun Ke-15, HARUM Menggelar Good Parenting Award

Harapan Ummat (Harum) Family Centre yang merupakan salah satu Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak yang ada di Kota Malang. Minggu (5/1) lalu Harum memperingati milad yang ke-15 dan menggelar penganugerahan Good Parenting Award.

Siapakah yang menerima awarding?

Yaitu orangtua dari anak-anak dampingan yang telah mengikuti pembelajaran parenting. Melalui program sanggar bunda harum, para orang tua yang mampu menerapkan pembelajaran hingga mengubah pola asuh di dalam keluarganya menjadi lebih baik, akan mendapatkan awarding.

Seperti yang kita tahu, saat ini masyarakat berpendapat bahwa mendidik dan mengasuh anak dengan baik dan benar hanya bisa dilakukan oleh orangtua dengan tingkat ekonomi menengah ke atas dan pendidikan formal yang tinggi. Good Parenting Award ini mematahkan pendapat tersebut.

Penghargaan ini diberikan dengan kriteria keterampilan dalam melakukan pola asuh Good Parenting, yaitu menumbuhkan benih-benih kebaikan yang sudah ada dalam diri anak di keluarganya. Selain itu, penerima penghargaan adalah seseorang  yang berani menularkan pengetahuan dan ketrampilannya kepada orangtua lain di sekitar lingkungannya dan aktif dalam kegiatan pembelajaran yang terkait kepentingan terbaik anak.

Pemenangnya adalah ibu-ibu dari kelompok keluarga pra sejahtera yang tinggal di gang kumuh yang secara pendidikan formal tak pernah mencicipi bangku Perguruan Tinggi.

 

Sarasehan Parenting juga digelar disela-sela acara ini. Dengan narasumber Bunda Abyz Wigati, S.Psi (konselor anak dan keluarga). Beliau adalah pegiat parenting nasional yang sudah banyak mendapatkan penghargaan di tingkat Nasional. Seperti perempuan Inspiratif Nova, Kartini Next generation dan sebagainya.

“Sekarang saatnya saya memberikan award kepada para ibu rumah tangga yang sering sulit mengakses pembelajaran parenting namun mampu menjadi pegiat-pegiat parenting di Malang.” Ujar Bunda Abyz yang juga penggagas dan tim penyeleksi Good Parenting Award 2020.

Menurut M. Noor Choirullah, Pimpinan di Harum Family Centre yang biasa disapa Pak ruly, awarding ini rencananya akan diadakan setiap tahun. Harapannya semakin banyak keluarga-keluarga marginal yang termotivasi untuk belajar good parenting dan mengamalkannya di keluarga masing-masing. Karena disadari bahwa pendidikan terbaik yang utama adalah dari keluarga. “Semoga di tahun mendatang bisa berkolaborasi dengan lembaga sosial lain dan bisa menggandeng pihak swasta sebagai sponsor juga dukungan dari instansi pemerintah terkait.” Imbuhnya.

Tidak ketinggalan, pengukuhan alumni sekolah parenting 2019 serta pembukaan sekolah parenting 2020 juga digelar di acara ini. Program sekolah parenting ini dimotori oleh Pondok Parenting sebagai unit usaha Lembaga Harum. Pesertanya adalah masyarakat umum dengan biaya yang didonasikan untuk pembelajaran parenting gratis kepada keluarga-keluarga kurang mampu terutama di Malang raya.

Program  Sekolah parenting di Malang sudah mencapai angkatan ketiga, bahkan sudah merambah ke daerah lain yaitu Ponorogo, Sidoarjo dan kota Batu.

Layanan Pondok Parenting Harum dalam bentuk seminar, training dan konseling juga sudah merambah ke berbagai pelosok tanah air, bekerja sama dengan berbagai komunitas, lembaga swasta lain maupun instansi pemerintah.

Good Parenting untuk Indonesia Lebih Baik

Dari Keluarga untuk Bangsa.

 

About Eni Rahayu

Momblogger, Mompreneur, Lover, Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*