Home > Kesehatan > Mau ke Salon saat Pandemi? Ini yang Harus Diperhatikan

Mau ke Salon saat Pandemi? Ini yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi: Delbeautybox

Masa pandemi mengharuskan kita untuk memaksimalkan kegiatan di rumah saja agar terhindar dari paparan virus corona. Hasil swab test di Indonesia masih menunjukkan lonjakan kasus yang tinggi, kondisi seperti ini membuat orang jadi makin was-was untuk keluar rumah. Kamu harus berpikir dua kali sebelum keluar rumah.

Memang, kita sebaiknya berada di rumah dan menghindari kerumunan di luar rumah. Tapi, pergi ke salon merupakan kegiatan yang bisa menghilangkan stress. Kalau kamu merasa kebutuhan ke salon sudah sangat mendesak, lebih baik melakukan beberapa hal berikut. Simak ya!

Protokol Kesehatan Salon

Pilih salon yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kamu bisa mencari tahu terlebih dulu soal ini. Mungkin dari review di mesin pencarian, media sosial, atau minta rekomendasi teman. Pastikan karyawan di salon yang akan kamu kunjungi menggunakan masker, face shield, dan celemek.

Selain itu, juga dilihat dari bagaimana mereka menyemprot tempat dengan desinfektan, membersihkan peralatan yang dipakai bersama juga dengan cairan pembersih, atau menyediakan tempat cuci tangan yang mudah diraih.

Protokol Kesehatan Diri Sendiri

Meski salon sudah memberlakukan protokol kesehatan, kamu nggak boleh lengah. Cuci tangan sebelum masuk dan setelah keluar salon. Tetap pakai masker dan jangan dilepas saat perawatan. Ketika menunggu giliran, pastikan kamu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Kalau terlihat penuh, kamu bisa menunggu di luar.

Kondisi Badan

Sebelum memutuskan pergi ke salon, pastikan kondisi tubuhmu sedang fit. Kalau ada gejala umum Covid-19 atau merasa tidak enak badan, lebih baik menahan diri untuk tidak ke salon. Tunggu sampai badanmu benar-benar sehat.

Hindari Terlalu Lama

Biasanya, memilih model rambut atau perawatan apa yang akan diambil membutuhkan waktu lama. Sebaiknya, kamu sudah menentukan terlebih dahulu sebelum ke salon. Jadi, waktu di salon bisa dipersingkat.

Setelah Sampai Rumah

Bukan hanya di salon, setelah kamu datang dari salon pun tetap harus melakukan protokol kesehatan. Dianjurkan untuk membersihkan barang bawaan dan sepatu sebelum masuk rumah. Ganti pakaian dan langsung cuci ketika sampai di rumah. Jangan lupa mandi untuk membersihkan diri.

Salon termasuk fasilitas umum yang memungkinkan untuk terciptanya kerumunan. Selain itu, ada kontak erat antara karyawan dan pelanggan. Untuk memutus rantai penyebaran dan meminimalisir penularan virus corona, lebih baik melakukan hal-hal yang sudah di sebutkan di atas.

Akan lebih baik lagi kalau kamu rutin melakukan swab test agar tahu lebih pasti. Virus corona yang ukurannya sangat kecil bisa menyerang siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Beberapa kasus juga menyatakan seseorang terpapar virus corona tanpa gejala. Artinya, melakukan tes rutin adalah salah satu upaya pencegahan virus ini menyebar.

About Malang Citizen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*