Tentang Logo Malang Citizen

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa orang yang umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Malang termasuk diantara kota yang punya banyak komunitas blogger. Singkat kata, sebelumnya saya telah bertemu dengan teman2 blogger malang raya dan sempat beberapa kali mengadakan pertemuan, ternyata para penulis dunia maya di Kota Malang ini punya komitmen tinggi untuk menjaga toleransi antara sesama blogger. Salah satunya dengan membentuk sebuah komunitas dengan nama Malang Citizen.

Malang Citizen merupakan Media Blogger Malang Raya yang bertujuan untuk meningkatkan nilai2 ekonomi lokal seperti kebudayaan, aksi sosial, pariwisata, kuliner di Malang Raya. Malang Citizen hadir dengan memberikan sebuah cerita yang mampu mendorong empati masyarakat untuk selalu datang dan mengenang Malang agar potensi lokal semakin kuat dan berkembang. Malang Citizen tidak hanya beranggotan orang2 dari Malang, tetapi blogger dari luar Malang juga bergabung dalam Malang Citizen. Dari beberapa event yang telah kami selenggarakan harapannya adalah Malang Citizen bisa memberikan dampak yang sangat besar dari viralnya sebuah media, bisa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam membantu pebisnis lokal.

Apa sih yang membawa saya masuk ke Malang Citizen ?

Pertama, ada sebuah suasana yang mungkin berbeda ketika saya bergabung dengan teman2 di dunia maya, saya mulai berkenalan dengan orang2 hebat disini, semacam masuk ke ruang waktu karena sebelumnya semangat menulis saya menurun, galeri rumah kedua saya juga sudah lumutan, banyak sarang laba2 di setiap sudut galeri ini. Disini saya justru mendapatkan suntikan motivasi untuk memberikan kontribusi positif yang lebih luas mengenalkan lebih jauh lagi tentang Malang Raya tercinta ini.

Kedua, saya melihat bahwa Malang Citizen punya cara yang unik untuk mendukung usaha lokal menjadi lebih maju dan dikenal luas. Terbentuknya Malang Citizen adalah untuk mengenalkan lebih jauh lagi tentang Malang Raya melalui berbagai event kegiatan seperti tempat wisawata, tempat kuliner, edukasi, aksi sosial, dll.

Tentang Logo Malang Citizen

Logo adalah suatu identitas yang digunakan untuk mengenalkan, menggambarkan citra dan karakter suatu organisasi, lembaga ataupun perusahaan. Karena fungsi dasarnya sebagai identitas, logo ini dibuat agar mudah diingat, divisualisasikan secara seimbang dan enak dipandang. Di Malang Citizen ini, saya mendapat tugas untuk pembuatan logo Malang Citizen. Logo yang saya buat di desain untuk menggambarkan citra positif Malang Citizen di mata masyarakat.

Logo Malang Citizen dibuat serta melalui banyak saran dan masukan dari semua member dan pengurus Malang Citizen. Meskipun tidak semua masukan belum dapat saya aplikasikan ke dalam logo ini, namun harapan kami adalah semoga logo ini bisa mewakili visi dan misi komunitas blogger malang raya “Malang Citizen”.

Your Citizen Media, adalah brand untuk mengusung Malang Citizen yang bertujuan untuk mempresentasikan citra komunitas ini di masyarakat. Mas Endri, adalah orang yang mencetuskan kata2 Your Citizen Media dengan harapan brand Your Citizen Media lambat laun bisa menggugah ingatan masyarakat yang responsif terhadap kegiatan-kegiatan yang ditawarkan Malang Citizen dalam berbagai acara.

Buat yang bingung antara logo dan brand Malang Citizen, ini adalah penjelasan singkatnya.


Logo dan Brand adalah dua hal yang berbeda. Keduanya tidak bisa bekerja efektif tanpa ada dukungan satu sama lain. Brand membutuhkan logo sebagai representasi utama dalam membangun citra sebuah komunitas (Malang Citizen). Sebaliknya, logo membutuhkan brand untuk mencapai fungsinya dalam membangun citra positif kepada konsumen.

Bagaimana menurutmu ? Jika punya pendapat atau masukan tentang logo dan brand Malang Citizen, jangan ragu untuk mengutarakan uneg2nya di kolom komentar.

This Post Has 2 Comments

  1. Tulisan yang sangat informatif dn mencerahkan, tapi sayang, isinya sudah bagus namun ada beberapa kata yang disingkat di akhir akhir paragraf, padahal tulisannya bagus banget.
    Trus itu di logo apa ada yg salah ya mas, your citizen media? atau your citizen citizen? hehehe
    Mohon maaf bila salah koreksi #bukansokpintar lho ya… belajar mengkritik aja, hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *