Home > Wisata > Taman Rekreasi Selecta Batu, Sang Legenda Yang Tak Pernah Menua

Taman Rekreasi Selecta Batu, Sang Legenda Yang Tak Pernah Menua

Taman Rekreasi Selecta Batu – Berbicara wisata di Kota Batu memang tak pernah ada habisnya. Mau wisata alam maupun buatan, semua menjamur di sini. Apalagi rencana pembangunan Jawa Timur Park 3 (Jatim Park 3) yang nantinya semakin menambah pilihan tempat wisata buat Anda dan keluarga. Bahkan saking banyaknya, terkadang sampai bosan membuka dengan kalimat seperti tadi, hhe.

Tapi jika berbicara wisata tertua di Kota Batu, tentunya Selecta paling tertua. Karena wisata yang berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, ini telah berdiri sejak tahun 1930-an. Pertama kali diprakarsai oleh Ruyter de Wildt yang berkebangsaan Belanda. Maka tak heran bila sentuhan arsitektur ala Belanda begitu terasa di sini.

Loket Pintu Masuk Selecta Batu

Waktu berlibur Weekend lalu (05/02) bersama mas Sandi, kami beruntung sekali dapat kesempatan melihat potret Selecta Batu zaman dulunya. Melalui arsip foto yang tunjukkan pihak pengelola Selecta, kami seolah diajak melihat kilas balik, sekaligus juga mengetahui lebih mendalam tentang sejarah dan transformasinya hingga sekarang ini.

Usia Tua, Tapi Tak Pernah Menua

Menurut sejarahnya Selecta sempat mengalami kerusakan, tepatnya waktu zaman Revolusi. Namun pada tahun 1950 kembali dibangun oleh sekitar 47 tokoh masyarakat dan kemudian merekalah yang dikenal sabagai pendiri Selecta.

Koleksi Foto Selecta di zaman dulu dan ini satu-satunya hard copy arsip foto yang dimiliki pihak Selecta.

Usia semakin tua biasanya berbanding lurus dengan fisik yang juga makin terlihat menua.

Namun, dalam hal ini tidak berlaku bagi Selecta. Meskipun berdiri sejak puluhan tahun lalu, tapi semakin ke sini Selecta justeru kian berkembang pesat. Wajahnya semakin segar -seperti hamparan kebun bunganya yang begitu indah. Kawasan wisatanya juga yang makin luas dan fasilitas tentunya semakin lengkap.

Tidak heran lagi jika wisata tertua di Kota Batu ini tetap digerami oleh para pengunjung tak hanya domestik saja, tapi banyak juga pengunjung mancanegara terlihat lalu-lalang di antara kerumunan pengunjung lainnya. Karena pesona dan keindahannya selalu memikat para wisatawan.

Wahana Selecta Batu: Gratis dan Berbayar

Saat ini Taman Rekreasi Selecta makin banyak menghadirkan pilihan wahana. Mulai dari yang bisa dinikmati gratis seperti; Taman Bunga, Taman Dinosaurus, Akuarium Ikan Raksasa, Kolam Renang Dewasa, Water Park, Taman Selo Brojo, Goa Singa dan masih banyak lagi. Kalian bisa bebas menikmatinya. Mau memilih berenang di kolam dewasa atau water park untuk anak-anak, maupun sekedar berselfie di Kebun Bunganya.

Water park anak, kecerian mereka terlihat di sana. Namun perlu selalu dipantau oleh orang tua. Meski pun ada penjaga di tepi-tepi kolam yang juga siaga.

 

Kebun Bunga Selecta yang tak boleh dilewati. Keren sekali. Sayangnya waktu ke sini bunganya tidak begitu padat dan sepertinya habis dipangkas.

Sedangkang yang perlu membeli tiket lagi alias berbayar mulai dari 5k hingga 20k saja. Wahananya keren-keren, loh! Seperti Flying Fox, Arena Berkuda, Bahtera Ayun (Perahu Ayun),  4D Chinema, Permainan Anak, Sepeda Air, hingga Sepeda Udara atau dengan nama lain Sky Bike. Nah, ini merupakan wahana paling baru yang dimiliki Selecta dan sangat diminati oleh pengunjung.  Sampai-sampai antrian panjang terlihat dari ujung pintu masuk wahana sampai loket masuk Sky Bike.

Serunya naik Sky Bike, wahana terbaru yang dimiliki Selecta saat ini. Tiket naik wahana Sky Bike 20k.

Fasilitas Selecta Lengkap

Sekarang tak hanya tempat wisata saja, tapi Selecta juga megelola Restauran, Hotel, hingga Villa. Termasuk faslitas umum lainnya yang tersedia lengkap.

Mobil Antar Jemput Pengunjung

Parkir di Selecta banyak sekali. Sepanjang loket pemeriksaan sampai depan landmark Selecta, hingga ke area bawah juga luas dan khusus pengguna roda dua ada di paling depan. Lokasinya lumayan jauh dari pusat wisatanya. Kendati begitu kalian tak perlu capek-capek jalan kaki. Kalian bisa memanfaatkan mobil pengantar jemput yang disediakan pihak Selecta.

Mau jalan kaki sekalian menikmati udara segar silahkan, atau naik fasilitas mobil penjemput juga makin enak, tinggal nunggu kloter penjemputan saja.

Restoran

Melalui restauran yang berada di tengah tempat wisata, membuat pengunjung tak kesulitan untuk mencari tempat makan di sekitar wisata. Apalagi bagi mereka yang belum sempat membawa bekal makanan. Selain itu restauran juga ada kedai tempat makan yang bisa nenambah pilihan menu sesuai selera kalian.

Reservasi atau pesan langsung di restauran. Harga mulai 10k untuk lauknya, atau menu siap santap mulai 20k hingga 40k saja.

Untuk hidangan yang lebih terjangkau bisa memilih Kedai makan di dekat panggung musik.

Villa

Hotel dan Villa bisa menjadi pilihan paling ideal bila ingin menikmati wisata di Kota Batu lebih lama lagi, khususnya jika ingin mengeksplorasi setiap sudut taman rekreasi Selecta yang mencapai 8 hektare, dari total lahan 18 hektar. Udara sejuk begitu terasa dari ketinggian 1100 m di atas permukaan laut, pasti makin membuat kalian merasa segar terus.

Villa bisa kalian pilih untuk kenyamanan bermalam, sekaligus menikmati wisata di Selecta.

Mushola

Fasilitas tak lengkap tanpa adanya sarana beribadah untuk kaum Muslim. Begitu juga di Selecta yang memiliki satu buah Mushola. Untuk sholat di sana kalian perlu antri, karena kapasitas yang tersedia tak pernah cukup menampung pengunjung yang ingin sholat. Harus bersabar yah, dan tetap perhatikan waktu sholat jangan sampai kelewatan.

Letak Mushola Selecta ada di sudut barat sebelah selatan dan dekat dengan wahana sepeda air.

Toilet

Toliet tak hanya bisa dijumpai di tempat wudhu mushola, juga tersebar di beberapa titik. Salah satunya toilet dengan bangunan unik berikut. Di atasnya ada patung hewan Bunglon besar sekali. Berbeda dengan toilet di Mushola yang bisa digunakan secara gratis, tapi di sini kalian perlu menyediakan pecahan 2rb untuk sekali masuk.

Toilet ini berada paling utara Selecta, dekat dengan Gedung Paseban Sri Agung dan persis di belakang wahana Sky Bike.

Sembari menikmati suasana berlibur di Selecta, kalian bisa mendengarkan hiburan musik langsung disetiap hari Minggu dan libur. Tak hanya menyaksikan saja, kalian pun bisa bernyayi langsung dari atas panggung. Seperti foto berikut merupakan pengunjung yang menyumbangkan suaranya.

Live musik hari Minggu dan Libur. Kalian juga bisa nyanyi di atas sini, loh.

Photo Langsung Jadi

Era digital di mana smartphone sudah hampir menggerser fungsi kamera saku. Bahkan banyak produsen gadget membekali kameranya dengan pixel yang tinggi, sampai ada yang mencapai 20 mega pixel. Dengan begitu jasa potret di tempat wisata sebetulnya tidak begitu diminati. Namun bagi kalian yang lupa membawa kamera atau batre sedang lowbat, kalian bisa memanfaakan jasa foto sekali jadi ini.

Loket pengambilan hasil foto sekali jadi bisa ditemui di dekat kolam dewasa dan menghadap ke barat.

Dengan berbagai fasilitas di atas, serta banyaknya pilihan wahana yang ditawarkan Selecta saat ini, membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi di waktu weekend kemarin pengunjung berlipat-lipat dan begitu ramai sekali. Muai dari rombongan keluarga, komunitas, hingga family gatering yang rame-rame bersama keluarga besarnya.


Berikut Vlog yang bisa kalian saksikan dari perjalanan wisata kami di Selecta.

Taman Rekreasi Selecta Batu

Alamat: Jl. Raya Selecta 1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Telp Taman Wisata: 0341 592379
Hotel Reservation: 0341 591025
Fax: 0341 592369
Website: www.selectawisata.com

Harga Tiket Masuk

Tiket Rp. 30.000,- *
* Tiket berlaku mula usia 2 tahun ke atas dan sudah termasuk parkir kendaraan.

Jam Operasional

Weekday dan Weekend: 06.00 –18.00 WIB.

Peta Lokasi

About Richo A. Nogroho

Richo A. Nogroho
Selain membaca dan menulis, ia juga suka memainkan teka-teki mekanik bercorak warna-warni, yang umumnya disebut dengan rubik.

5 comments

  1. Wiih,,, selekta makin menawan seiring bertambahnya usia,,,, pangling aku karena udah lama gak kesini.
    Klo kesini ajak pasangan boleh mas yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*