Home > Wisata > Serunya Kuliner Sambil Belajar Di Wisata Edukasi Petik Madu Lawang

Serunya Kuliner Sambil Belajar Di Wisata Edukasi Petik Madu Lawang

Hallo semua…

Sudah pada kemana weekend ini? Atau jangan-jangan kamu masih bingung ya mau kemana?

Daripada bingung, mendingan cari tempat makan sekaligus berwisata? Makin bingung ya? Tenang, karena kamu gak bakalan pindah-pindah tempat untuk mencari tempat makan yang sekaligus bisa buat jalan-jalan. Karena di tempat yang saya rekomendasikan ini, ada banyak fasilitas yang membuat kamu bakalan betah berlama-lama di sana. Dimana lagi kalau bukan di

Wisata Edukasi Petik Madu Lawang.

Sudah pernah dengar dengan tempat wisata ini kan? Atau jangan-jangan belum pernah dengar ya? Waah kebangetan kalau begitu. Karena tempat wisata tempat peternakan lebah madu ini sudah banyak diliput di media televisi, baik lokal maupun luar daerah.

Tapi tidak apa-apa sih kalau memang belum tahu. Karena saya pun terlambat mengetahui salah satu aset budaya ini. Padahal lokasinya di Lawang loh, dekat dengan tempat tinggal saya yang juga ada di Lawang. Nah loh, yang kebangetan siapa kalau begitu? Hihihi…

 

LOKASI TEMPAT WISATA PETIK MADU

 WISATA PETIK MADU LAWANG

Seperti yang saya singgung tadi, lokasi peternakan lebah madu ini adanya di daerah Lawang, kabupaten Malang. Tepatnya di ruko Puri Kencan, Jalan Doktor Wahidin No 8, Kalirejo, Lawang, Krajan, Kabupaten Malang 65215

Kalau dari arah Malang menuju ke Surabaya, letaknya di kiri jalan. Tepatnya setelah pom bensin Lawang. Mudah kok nyarinya. Karena di pinggir jalan ada patung lebah besar yang menandakan lokasi wisata petik madu ini. Selain itu, di deretan ruko tersebut juga ada baliho besar yang menunjukkan arah wisata petik madu. Dimana menu yang terkenal adalah lalapan bebeknya. Uenak tenan rek. Tapi maafkeun, karena saya lupa memfoto bagian depan ruko. Saya hanya memfoto bagian dalam wisata petik madu.

Oh iya, meskipun pintu masuknya ada di pinggir jalan besar, tapi lokasi wisata petik madunya masuk ke belakang ruko. Areanya juga sangat luas. Saking luasnya, sampai bisa kok kalau mau main sepak bola di sana. Hehe…

WISATA PETIK MADU LAWANG

Begitu masuk, pengunjung langsung disambut dengan taman bunga di sebelah kanan. Ada rangkaian bunga yang dibentuk hati dengan tempat duduk di bawahnya. Sementara di belakangnya ada bentuk patung lebah dan kotak imitasi seolah-olah itu rumah lebah. Spotnya bagus buat foto-foto.

Sebelum masuk ke area petik madu, pengunjung harus melewati penjagaan parkir dulu. Tiket parkir langsung dibayar di muka. Tarifnya normal saja kok. 2000 untuk motor dan 3000 untuk mobil. Tempat parkirnya pun teduh, karena dinaungi pohon lebat dan letaknya di depan rumah kelinci.

Rumah kelinci?

Sabar, nanti saya jelaskan di bagian fasilitas wisata petik madu. Lanjuttt!!

 

FASILITAS WISATA PETIK MADU

Sebagai tempat wisata, tentunya ada spesial something yang ditunjukkan pihak pengelola kepada pengunjungnya. Yaitu lebah madu. Sesuai namanya, wisata ini sebenarnya adalah tempat peternakan lebah madu. Tapi karena banyak pengunjung yang berdatangan, yaitu sekitar 500 sampai 1000 pengunjung tiap bulannya, makanya pengelola mengembangkan tempat ini sebagai tempat wisata.

Tidak hanya peternakan lebah madu yang disuguhkan. Tapi juga beberapa fasilitas lainnya. Diantaranya :

  1. Rumah kelinci

WISATA PETIK MADU LAWANG

Namanya juga rumah kelinci. Pastinya di dalamnya ada banyak rumah mini yang diperuntukkan untuk para kelinci yang cantik dan lucu. Rupanya selain mengembangbiakkan lebah madu, pengelolanya juga membudidayakan kelinci.

WISATA PETIK MADU LAWANG

Rumah kelinci ini unik. Ada gapura kecil sebagai pintu masuknya. Setelah melangkah ke dalam, nuansanya lebih segar lagi. Di sepanjang sisi kanan ada banyak gazobe dari kayu yang biasanya digunakan untuk tempat duduk. Atau bisa juga untuk tempat makan. Gazebo ini tersusun melingkari sebuah pekarangan di tengah-tengahnya, yang lain adalah tempat mainnya si kelinci.

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

Ada banyak terowongan buatan di dalam pekarangan yang dibatasi pagar kawat itu. dilengkapi dengan tanaman dan hiasan seperti patung jamur, dan patung lainnya. Berasa ada di rumah siput deh. Sayangnya waktu saya mencari dimana si kelinci berada, ternyata semuanya pada ngumpet di terowongan. Malu kali ya dlihatin sama saya. hehe… saya jadinya gak bisa foto deh.

 

2.Hall besar

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

Oh iya, di sebelah rumah kelinci ada gapura masuk lagi. Sebenarnya bukan gapura resmi sih. Lebih cenderung simbolik saja dengan rangkaian kawat yang dililit bunga. Ada tulisan PETIK MADU di atasnya. Di dalamnya ada hall besar berisi banyak tempat duduk yang mengarah ke sebuah panggung di depan. Sudah ada perlengkapan musik di atas panggung. Sepertinya hall ini biasa dipakai untuk acara-acara tertentu.

Saat saya pertama kali datang ke sana bersama keluarga, ada acara perkenalan salah satu production house di Malang. Dilanjutkan dengan acara musik. Ramai sekali. Sementara di depan gapura tadi ada tempat untuk tanaman hidroponik. Bagus banget deh.

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

Oh iya, di dalam hall juga ada sedereten motor besar yang disewakan. Ukurannya sih untuk anak kecil. Selain motor roda tiga besar, juga ada sepeda ontel. Pasti seru keliling wisata dengan menggunakan sepeda. Oh iya hampir kelewat. Di sisi kiri setelah masuk, ada sebuah kandang kaca besar. isinya adalah kadal raksasa. Alia dan Attha, kedua buah hati saya takut melihatnya. Tapi begitu penasaran sampai-sampai maju mundur mengintip dari kejauhan. Ih, jadi gemes saya.

WISATA PETIK MADU LAWANG

Beranjak di sisi kanan, ada poster besar dengan latar belakang foto lebah. Attha sempat takut melihatnya. Mungkin karena dikiranya itu gambar hidup. Padahal itu hanya foto. Tapi setelah saya membujuknya untuk memegang gambar, akhirnya anak sulung saya itu tidak takut lagi. Cuman foto ya ma…. duh nak, kan tadi mama sudah bilang kalau itu cuman foto. Au ah gelap.

 

3. Cafe

Kalau bicara soal wisata, pasti tidak jauh dari adanya makanan. Jangan khawatir, karena di wisata petik madu ini ada cafenya. Ruangan pojok di ujung jalan keluar hall tempatnya. Menunya terpampang di atas dengan tulisana yang besar. Pengunjung jadi bisa melihat menu apa saja yang disajikan di sana.

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

Menu andalannya adalah bebek goreng. Diberandol dengan harga hanya 17 ribu rupiah untuk porsi dewasa dan 8 ribu rupian untuk porsi anak-anak. Di dalam paket bebek goreng, sudah ada nasi, telor dadar yang diiris membujur, tahu goreng, mentimun dan sambal. Hmm… yummy…

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

Oh iya, tempat untuk makan pun beragam. Bisa duduk di kursi yang ada di dalam hall. Ada banyak pilihan tempat duduk di sana. Atau mau model lesehan. Bisa naik ke tingkat dua yang ada di atas hall. Dari atas itu, pengunjung bisa melihat aktivitas yang ada di bawahnya. Atau mau di gazebo sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar. Pengunjung bisa memilih gezebo yang ada di rumah kelinci untuk bersantap ria. Pokoknya semuanya terserah pengunjung. Pemilik cafe tinggal memberikan nomor yang nantinya akan diambil setelah menu yang dipesan diantarkan. Wenak kan?

Favorit saya adalah lesehan yang ada di tingkat dua. Setiap kali saya ke sana, lesehan itu selalu menjadi pilihan saya dan keluarga. Karena anak-anak bisa bebas berlarian tanpa khawatir. Jangan khawatir, lesehannya luas dan aman. Sudah disediakan tempat untuk mencuci tangan, sehingga pengunjung tidak perlu bingung ketika mau mencuci tangan sebelum dan sehabis makan.

 

4. Pusat oleh-oleh

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

Oh iya, di wisata ini juga tak ketinggalan ada tempat oleh-olehnya. Isinya beragam product yang berhubungan dengan madu. Bisa berupa bee pollen, royal jelly atau propolis. Semuanya dikemas dalam wadah yang lucu-lucu. Selain itu, pusat oleh-oleh juga menyediakan pernah-pernik yang berhubungan dengan wisata lebah madu. Seperti boneka berbentuk lebah atau sejenisnya. Pokoknya ada kenangan yang diberikan kepada pengunjung deh.

 

5. Tempat peternakan lebah madu

Ini point utamanya. Yaitu tempat perternakan lebah madu. Saya dan keluarga memang tidak pernah menyentuh lebah madu secara langsung. Tapi kami cukup sering melihat aksi pengunjung yang berani menyentuh sekawanan lebah. Sehingga mengerubungi wajah atau tangan mereka. Nampaknya, lebah-lebah madu di sini sudah jinak dan tidak menyengat. Atau mungkin karena para lebah madu itu selalu didampingi ahlinya sehingga tidak sampai menyengat pengunjung.

Saya ngeri sih melihatnya. Tidak berani mencoba. Karena itu saya salut melihat pengunjung yang berani tubuhnya ditutupi sekawanan lebah. Hii…

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

Itulah serunya berwisata di Petik madu. Selain makan menu spesial, pengunjung juga mendapatkan edukasi mengenai peternakan lebah. Meskipun saya dan keluarga datang ke sana bukan bersama rombongan, tapi datang secara pribadi. Namun keseruannya tidak pernah hilang. Bahkan wisata petik madu menjadi tempat favorit saya dan keluarga untuk menghabiskan weekend bersama-sama. Ini beberapa lagi foto saya ketika jeprat jepret di sana.

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

WISATA EDUKASI PETIK MADU LAWANG

Yuk warga Malang, datang berkunjung ke wisata Petik Madu di Lawang. Banyak wahana yang bisa dicoba loh. Spot-spot untuk berfoto juga instagramable semua. Gak percaya, yuk buruan datang.

 

Wisata Petik Madu Lawang, buka setiap hari setiap pukul 08.00 sampai 22.00 WIB. Yuk yuk yuk…

 

 

About Indah

Pecinta buku dan penikmat film yang suka menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*