Home > Aktivitas > Salah satu Media Pemerataan Kesejahteraan, Malang City Expo 2017 Kembali Digelar

Salah satu Media Pemerataan Kesejahteraan, Malang City Expo 2017 Kembali Digelar

Kota Malang sebagai salah satu sentra ekonomi, pendidikan, dan pariwisata di Jawa Timur telah membuktikan pertumbuhannya. Hal ini menjadikan Kota Malang pantas untuk dijadikan sebagai tempat event nasional. Kota dengan slogannya TRIBINA CIPTA,  tiga cita-cita pokok warga Malang yang harus dibina dan diwujudkan yaitu kota Pendidikan, kota Advokasi, dan kota Industri ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup unik dimana sebagian sector.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Malang mencapai 5,61 persen, di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Jawa timur yaitu 5,5 persen” tutur Abah Anton, Walikota Malang saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan Malang City Expo 2017 (27/4). Hal ini menunjukkan bahwa Kota Malang mampu memberikan kontribusi, baik dalam skala regional Jawa Timur dan nasional.

Malang City Expo, Salah Satu Media Pemerataan Kesejahteraan

Digelar di area luar Stadion Gajayana, Malang City Expo 2017 dibuka oleh Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan UKM. Melalui sambutannya, Puspayoga mengapresiasi kegiatan yang merupakan salah satu media pemerataan kesejahteraan ini. “UKM dan koperasi adalah media pemerataan kesejahteraan disamping meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tambah Puspayoga.

Puspayoga memberikan apresiasi pada kegiatan ini karena selain dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi juga sebagai wadah bagi UMKM dan koperasi untuk memamerkan sekaligus menjual produknya. Malang City Expo 2017 diselenggarakan dalam rangka memeriahkan dan menyambut peringatan hari jadi Kota Malang ke-103. Bertajuk Malang Menuju Kota Kreatif Dunia, pameran nasional dan daerah ini dapat dinikmati pengunjung mulai tanggal 29 hingga 30 April 2017.

Malang City Expo 2017 malangcitizen

Malang City Expo 2017 malangcitizen

Selain menampilkan berbagai produk UKM dan Koperasi, MCE 2017 juga menggelar kegiatan lain seperti Malang Acoustic & Jazz Night Festival, Mural & Graffiti Malang Fest 2017, Pagelaran Seni & Budaya, Talkshow Netizen Malang, Festival Kuliner Tradisional & Waralaba.

Tak hanya itu, event nasional untuk mempromosikan Kota Malang ini juga menampilkan pelayanan publik dan jasa pariwisata, industri, perdagangan, bisnis, investasi, potensi daerah, pertanian dan perikanan, kesehatan, pendidikan, perbankan, multi produk, UMKM, koperasi, kewirausahaan, ekonomi kreatif, seni, dan kebudayaan. Harapannya, Malang City Expo 2017 mampu memasyarakatkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dapat saling Bertukar Informasi

Melalui kegiatan ini, para pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan kehadiran institusi pemerintahan dan kementrian untuk memperkuat kerjasama, pun dengan pelaku UMKM dan koperasi lainnya. Misalnya saja kehadiran BSNI yang dapat memberikan informasi tentang standarisasi produk kepada UKM secara gratis, dimana BSNI akan memberikan bimbingan kepada pelaku usaha untuk mendapatkan SNI bagi produknya. Selain itu masih banyak institusi pemerintahan dan kementrian yang hadir dan siap bersinergi dengan peserta pameran yang hadir.

Malang City Expo 2017 malangcitizen journalism

Malang City Expo 2017 malangcitizen journalism

Untuk masyarakat umum yang hadir di Malang City Expo 2017, dapat mengetahui beragam potensi yang ada di Malang Raya juga daerah lain yang hadir, seperti Dinas Pariwisata Ciamis, Dinas Koperasi Mikro Bekasi, dan kota-kota lain. Selain pariwisata yang tentunya telah banyak dikenal masyarakat dari berbagai media. Beragam informasi bisa didapatkan masyarakat, seperti informasi tentang BPJS dan PLN. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS atau PLN untuk sekedar tahu informasi terkini dan bisa memanfaatkan event ini. Tak hanya itu, masih banyak informasi terkait pelayanan publik yang bisa ditanyakan.

Jangan lupa juga mampir ke stand kuliner sehingga tidak kecewa karena belum sempat menyicipi jajanan khas Malang dan daerah lain. Tanpa membayar tiket masu, pengunjung bisa memperoleh banyak informasi dan pengetahuan. Masih mikir untuk melewatkan Malang City Expo 2017? (Reporter Eni Rahayu)

About Eni Rahayu

Eni Rahayu
Momblogger, Mompreneur, Lover, Writer

2 comments

  1. Mantapppp… Semoga UKM semakin maju dan berkembang. Terus acara ini sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*