Home > Info Malang > Pesmaba Fakultas Agama Islam UMM Unggulkan Religiusitas dan Intelektualitas

Pesmaba Fakultas Agama Islam UMM Unggulkan Religiusitas dan Intelektualitas

Pesmaba Fakultas Agama Islam UMM. Dok. FAI UMM

Malang Citizen – Universitas Muhammadiyah Malang tengah melangsungkan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) 2021 secara bauran atau blended.

Pesmaba UMM dilakukan selama 5 hari dengan rincian 2 hari untuk Pesmaba tingkat Universitas dan 3 hari untuk Pesmaba tingkat Fakultas, terhitung mulai tanggal 21 September – 25 September 2021.

Tidak kalah meriah dari Pesmaba Universitas, Pesmaba di tingkat fakultas juga berlangsung meriah dan mampu menggelorakan semangat mahasiswa baru.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (FAI UMM) mengusung tema ‘Gelorakan Spirit Religiusitas dan Intelektualitas Guna Membangun Mahasiswa Unggul’.

Dalam Pembukaan Pesmaba FAI UMM turut dihadiri jajaran Dekanat serta seluruh struktural pimpinan Fakultas dan Program Studi.

Dekan Fakultas Agama Islam, Prof. Dr. Tobroni M.Si menyebutkan bahwa mahasiswa FAI adalah mahasiswa yang unggul, sesuai dengan identitas FAI yang mana merupakan sang pelopor.

“Mahasiswa Fakultas Agama Islam merupakan mahasiswa yang unggul, hal ini sesuai dengan identitas Fakultas Agama Islam yang unggul secara keagamaan maupun pengetahuan,” ujar Tobroni, Rabu (23/09).

Unggul juga diartikan atas kehendak Allah dengan mempelajari agama Islam, maka segera saja Allah akan meninggikan derajat kita.

Empat hal lain yang menjadi sorotan dalam penyampaian Prof Tobroni untuk mahasiswa baru Fakultas Agama Islam, yang pertama mahasiswa harus dekat dengan Al-Qur’an.

Kedua, mahasiswa harus dekat dengan masjid atau mushala. Ketiga, mahasiswa harus dekat dengan umat atau saling menolong antar sesama.

Sementara yang keempat adalah mahasiswa harus dekat dengan profesi sesuai dengan jurusan yang diambil di Fakultas Agama Islam.

Ketua Penyelenggara, Nizam Aulia Rachman menyebut bahwa menjadi mahasiswaharus memiliki idealisme dalam menyikapi kondisi global dengan wawasan yang luas dan sikap kritis.

“Memasuki kehidupan kampus identik dengan mimpi-mimpi yang bersanding dengan idealisme menghadapi tantangan global, mahasiswa harus punya wawasan luas dan sikap kritis”. Ungkap Nizam.

Universitas Muhammadiyah Malang diketahui berada di peringkat pertama Universitas Islam terbaik di Dunia tahun 2021 versi UniRank.

Badan Eksekutif Mahasiswa FAI UMM memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk turut berperan dalam penyelenggaraan Pesmaba.

Salah seorang peserta Pesmaba FAI yang mengikuti secara offline berkesempatan menjadi Master of Ceremony, Dirijen, dan Pembaca Ayat Suci Al-Qur’an untuk pembukaan dan penutupan Pesmaba FAI UMM.

Badrus Sholeh, salah satu mahasiswa baru FAI UMM mengatakan dirinya sangat terkesan dengan pelaksanaan Pesmaba FAI UMM.

“dibilang terkesan, ya sangat terkesan sekali, karena banyak motivasi dari berbagai tokoh yang sangat menginspirasi dan penampilan-penampilan yang luar biasa, bisa dibilang saya kasih bintang 5 Pesmaba ini,” pungkas Badrus.

About Imam Fahrudin

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua. Saya Imam Fahrudin akan menemani waktu anda dengan bahan bacaan yang segar dan cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mahasiswa UMM Pererat Persaudaran Warga Desa Selorejo Malang Dengan Progam Gazebo Mboiz

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam progam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kembali menghidupkan ...

Prof. Dr. M.Si Tobroni: Melantik Fungsionaris Lembaga Intra FAI UMM

Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (FAI UMM) Tobroni menyampaikan sejumlah pesan kepada Fungsionaris ...