Home > Blog Walking > Menuju Lautku Bebas Sampah Plastik, Indonesia Bebas Sampah 2020; Mungkinkah?

Menuju Lautku Bebas Sampah Plastik, Indonesia Bebas Sampah 2020; Mungkinkah?

Lautku Bebas sampah Plastik,Indonesia bebas Sampah 2020 www.SelametHariadi.com

Lautku Bebas sampah Plastik, Mungkinkah? Sering pakai plastik atau kantong plastik? kadang buang sampah plastik sembarangan? Pernah buang sampah plastik ke laut atau aliran sungai? Jika melakukan hal tersebut, rasanya perlu kita renungi bersama. Indonesia sedang darurat Sampah plastik Laut.

Sampah-samplah plastik di laut ini merupakan hasil dari daratan. Bisa jadi penggunaan berlebih akan plastik atau pembuaangan sampah plastik sembarangan. Seperti tak pada tempatnya hingga melalui aliran sungai.

Indonesia, Negara ke-2 Penyumbang Sampah Pastik Dunia!

Indonesia mencatatkan sebagai Negara peringkat kedua. Hal ini dalam penyumbang atau pemasok sampah plastik di laut yakni sebesar 187,2 juta ton. Lalu yang pertama siapa? Dengan volume sampah mencapai 262,9 juta ton, China merupakan Negara penyumpang terbesar sampah plastik di laut.

Data di atas merupakan hasil riset dari Jenna Jambeck. Seorang peneliti dari Universitas Georgia, Amerika Serikat yang hasil penelitiaannya dipublikasi pada 2015. Jika sekarang tahun 2017 mendekati 2018, tentunya bisa tergambar peningkatannya jika tak segera ditanggulangi.

 

Dampak Mengerikan Sampah Plastik

Sampah plastik telah menjadi problematika dunia. PBB melalui program lingkungannya memperkirakan dalam tiap mil persegi terdapat 46.000 sampah plastik mengambang di laut. Jumlah ini bisa jadi terus bertambah dengan banyaknya varian sampah plastic seiring bertambahnya waktu. Plastik menjadi alat yang sering dipakai manusia dalam menunjang aktivitasnya. Mulai dari wadah makanan hingga berbagai alat kecil.

 

 

selengkapnya...

About S. Hariadi

HARIADI. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFA'AT. Reseacher-Explorer-ONLINE Marketing STRATEGIST-Writer... Suka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT. Mari Bersahabat! Follow @selamethariadi di instagram, @selamethariadikita di facebook, @seHARIADI di Twitter. Weblog: www.SelametHariadi.com | www.sehariadi.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*