Home > Info Malang > Mengulik Sejarah Tugu Kemerdekaan Balaikota Malang

Mengulik Sejarah Tugu Kemerdekaan Balaikota Malang

SAM_3132

Setiap tempat bersejarah biasanya ditandai dengan suatu monumen yang dibangun sebagai pengingat terhadap peristiwa penting yang terjadi di sana. Bila Jakarta memiliki Monumen Nasional dan Surabaya memiliki Tugu Pahlawan, maka bagaimana dengan Malang? Malang juga mempunyai monumen yang tak kalah indah dan berkesan, yakni Tugu Kemerdekaan yang berada di depan taman bundar Balaikota Malang.

Taman bundar di depan balaikota dibangun pada masa kolonial Hindia Belanda dengan nama taman JP Coen Plein sebagai bentuk penghormatan kepada beliau yang merupakan salah satu gubernur pada masa Hindia Belanda. Awalnya bentuk taman sangat sederhana tanpa adanya tugu dan pagar pembatas seperti sekarang. Kemudian setahun setelah kemerdekaan, tepatnya 17 Agustus 1946, pembangunan monumen mulai dilakukan dengan ditandatangani oleh Soekarno dan A.G. Suroto.

Awal didirikannya Tugu Kemerdekaan ini sebagai bentuk pergantian kekuasaan oleh Republik Indonesia, setelah sebelumnya merupakan pusat administrasi Belanda. Sayangnya sebelum benar-benar rampung, Tugu Kemerdekaan dihancurkan oleh Belanda saat Agresi Militer I terjadi. Namun pada tahun 1953, Tugu Kemerdekaan kembali dibangun oleh pemerintah kota Malang dan diresmikan oleh presiden Indonesia pada saat itu, Ir. Soekarno.

Bentuk Tugu Kemerdekaan mempunyai makna tersendiri. Bambu runcing sebagai senjata khas rakyat Indonesia untuk melawan penjajah, dan rantai sebagai lambang kesatuan. Selain itu bintang dengan 17 pondasi, 8 tingkat, serta tangga dengan 4 dan 5 sudut yang melambangkan 17 Agustus 1945. Sementara teratai yang berada di sekeliling kolam melambangkan keberanian dan kesucian.

Tugu Kemerdekaan kini menjadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk short escape. Setiap hari, pasti ada wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang sekedar berjalan-jalan santai dan berfoto. Taman di sekeliling tugu ditata dengan sedemikian rupa dengan berbagai jenis tanaman berbunga yang cantik. Kursi-kursi berjejer rapi untuk memanjakan pengunjung, makin asyik apabila bertepatan dengan bunga teratai di kolam sedang mekar.

Selain itu, lokasi Tugu Kemerdekaan juga mudah dijangkau oleh segala transportasi umum dan tepat berada di depan stasiun Kota Malang. Bila membawa kendaraan sendiri, anda bisa parkir di depan sekolah yang berada di seberang Tugu Kemerdekaan.

selengkapnya...

About Zahrah Nida Rosyida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*