Home > Inspiratif > Menata Rumah Dengan Gaya Shabby Chic

Menata Rumah Dengan Gaya Shabby Chic

Kalau kita perhatikan, Beberapa tahun belakangan ini nampaknya sedang ngetrend gaya menata rumah ala-ala shabby chic di kalangan ibu-ibu muda di Indonesia. Bahkan di timeline instagram penulis juga berseliweran postingan teman-teman yang memamerkan tatanan rumah bergaya shabby chic. Ada yang natanya niat banget penuh totalitas, sampe mengudang decak kagum, tapi ada juga yang maksa banget, jadi hasilnya malah acakadul. Ah, sutra lah. yang penting kekinian. Hihihi….

source: www.innovaar.net

Apa sih, gaya shabby chic itu?  Sesuai dengan arti harafiahnya, yaitu lusuh tapi tetap terlihat gaya. Ya, itulah arti gaya shabby chic sekaligus tantangan para shabby chicer, yaitu bagaimana menata dan mengombinasikan perabot-perabot yang usang/lusuh agar tetap gaya enak dipandang.

Namun, penganut shabby chic di Indonesia rupanya memiliki cara yang berbeda dalam menuangkan gaya shabby chic pada interior rumah. Karena gaya shabby chic didominasi dengan warna-warna ‘pudar’ yaitu warna pastel, maka para penganut shabby chic di Indonesia menerjemahkannya sebagai warna lembut. Sehingga gaya shabby chic di Indonesia menjadi lebih menitikberatkan pada penggunaan warna pastel dan motif bunga yang feminin.

Anda sendiri ingin menata rumah dengan gaya shabby chic ‘sesungguhnya’ atau dengan gaya ‘Indonesian’ shabby chic? Well, keduanya sama-sama bagus. Tergantung selera Anda saja.

Ada beberapa hal yang harus kita ingat dalam menata rumah bergaya shabby chic:

Kombinasikan

Anda  menyukai perabot vintage bergaya rusty? It’s okay. Perabot-perabot dengan finishing rusty dan unfinished memang sangat cocok untuk menimbulkan kesan shabby.

Namun jangan penuhi seluruh ruangan dengan perabot dan pernak pernik bergaya rusty. Instead of mendapatkan ruang yang berkesan chic, Anda justru akan mendapatkan ruangan yang berkesan spooky.

Kombinasikan perabot rusty dengan perabot dan dekorasi bergaya minimalis dan modern untuk menghasilkan tatanan ruangan yang chic.

Don’t be too Selfish

Kecuali Anda tinggal seorang diri di rumah, pastikan suasana dekorasi interior rumah tidak melenceng dari fungsi utamanya, yaitu memperindah dan membuat seluruh penghuni rumah lebih nyaman.  Saya garis bawahi, ya: SELURUH penghuni rumah, bukan hanya kita saya.

Tidak salah apabila Anda menggemari warna-warna pastel dan motif bunga, namun sebaiknya Anda harus mempertimbangkan baik-baik apabila Anda ingin menghias seluruh ruang di rumah Anda dengan motif bunga. Tapi apakah suami Anda juga nyaman dengan sentuhan feminin di seluruh rumah, termasuk garasi dan ruang kerjanya?

Ruang yang lebih banyak digunakan bersama, seperti ruang tamu, ruang makan, dan kamar mandi sebaiknya didominasi dengan warna-warna dan motif unisex. Kalaupun ada sentuhan feminin seperti bunga, warna pink yang girly, dan bulu-bulu, sebaiknya hanya sebatas aksen saja.

Every House is Unique

Biasanya para celebgram memang akan senang bila foto-foto yang mereka unggah bisa memberikan inspirasi (baca: membuat latah) followernya. Ketika melihat foto kursi balon yang diletakkan di sudut ruang tamu celebgram yang anda idolakan, Anda jadi ngebet ingin punya kursi balon untuk diletakkan di ruang tamu juga. Tidak salah memang.

Namun harus diingat bahwa setiap rumah memiliki keunikan sendiri-sendiri. Apakah luas ruang tamu Anda sama dengan ruang tamu idola Anda? Apakah letak pintu dan jendelanya juga sama persis? Apakah kebiasan penghuni rumah Anda juga sama dengan penghuni rumah idola Anda? Ruang berukuran kecil tentunya tidak cocok dengan kursi balon yang berukuran tinggi. Lampu gantung yang panjang menjuntai juga tentunya tidak cocok dipasang pada ruangan yang memiliki ceiling rendah. Karpet bulu yang diletakkan di ruang keluarga memang cantik dan tampak nyaman untuk diduduki, kecuali bayi Anda alergi debu.

About Fely Setiawan

2 comments

  1. Aku termasuk suka yg gaya shabby chic mbak, tapi ya itu menyesuaikan aja sih. Masih sebataa ala..ala aja shabby chic nya hihihi

  2. Kalo rumah sudah acak2an scra otomatis bisa disebut shabby chic nggak Mbak? Hahaha. Inspirasi ini, tinggal ngatur acak2annya aja biar shabby chic :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*