Home > Inspiratif > Malang, Salah Satu Kota Pendidikan dan Pariwisata di Jawa Timur

Malang, Salah Satu Kota Pendidikan dan Pariwisata di Jawa Timur

Perkembangan dunia pendidikan dan pariwisata di Kota Malang dari tahun ke tahun makin pesat. Setiap ajaran baru, banyak calon mahasiswa yang berbondong-bondong menyerbu kampus yang tersebar di wilayah Kota Malang. Baik kampus universitas negeri dan bergengsi maupun swasta. Tidak hanya mahasiswa yang dari Kota Malang dan sekitarnya, namun hingga luar pulau maupun luar negeri.

Sewaktu duduk di bangku SMK, saya sempat mempunyai impian bisa kuliah. Sedari kelas tiga SMK, banyak mengumpulkan brosur masuk universitas. Terutama yang berada di Kota Malang, selain di kota ini ada saudara juga lebih dekat dengan rumah ketimbang di luar kota lainnya semacam Kota Yogyakarta. Sayangnya impian itu belum juga terwujud sampai sekarang. Kalau dahulu karena terbentur biaya, sekarang terentur oleh status saya yang sudah berkeluarga.

Di Malang banyak kampus universitas yang bisa jadi pilihan. Ada Universitas Brawijaya yang tiap tahun calon mahasiswanya bisa sampai ribuan karena memang banyak menjadi incaran. Mereka mesti mengikuti ujian atau jalur penerimaan mahasiswa baru. Kebetulan suami saya bekerja di kampus universitas ini. Apabila waktunya ujian masuk, dia sering dipilih jadi petugas jaga. Meskipun saya tidak bisa kuliah, tapi bisa masuk kampus tersebut dan numpang duduk di gazebo menunggu suami kalau pas lembur sudah seneng hahaha…apalagi suasana kampusnya asyik, sejuk karena banyak taman dengan tumbuhan yang rindang.

Kota Malang, selain mendapat julukan Kota pendidikan juga memiliki julukan Kota Pariwisata. Ada beragam tempat wisata yang tersebar di Kota Malang maupun di Batu. Meski secara administrasi sudah terpisah, orang tetap mengingat dan menyebutnya Batu-Malang. Pilihan tempat wisatapun banyak ragamnya, mulai dari wisata alam, edukasi hingga kulinernya. Saya sebagai warga yang menetap di kota wisata asyik-asyik saja ya, cumin kalau pas musim liburan jalanan jadi makin macet.

Sama seperti halnya soal pendidikan, perkembangan tempat wisata di Malang tiap tahun makin pesat. Banyak bermunculan tempat wisata baru, bahkan saat ini sedang di bangun Jatim Park 3 di daerah Beji Batu. Saya sendiri sudah sering mengunjungi tempat wisata, baik yang alam, edukasi maupun kulinernya. Seperti beberapa waktu yang lalu, saya baru saja mengunjungi tempat wisata edukasi dan alam yaitu Taman Kelinci yang baru dibuka akhir tahun lalu bareng temen-temen Malang Citizen. Berharap untuk kedepannya Kota Malang berkembang lebih baik, baik pendidikan, pariwisata maupun lainnya.

About Ivonie Zahra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*