Home > Info Malang > Mahasiswa UMM Inovasikan Minuman Heavy Orange

Mahasiswa UMM Inovasikan Minuman Heavy Orange

Mahasiswa UMM lagi-lagi lakukan inovasi. Kali ini sekelompok Mahasiswa yang tergabung dalam progam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 96 membuat inovasi dari hasil bumi warga untuk membuat minuman Heavy Orange (26/04/2021).

Widya Aprilia, seorang mahasiswa dalam kegiatan tersebut mengatakan, “minuman Heavy Orange terinspirasi dari tempat kami melakukan KKN atau PMM ini. Kami berada di desa yang mayoritas warganya merupakan petani Jeruk dan sejarah bahwa pernah ada produk minuman jeruk di desa namun tidak berkembang”.

Ibu Juwita, selaku bu RT 05 sekaligus anggota PKK Desa Selorejo menyebut bahwa “dulu itu sudah pernah ada minuman sari jeruk, 3 atau 4 tahun yang lalu, namun tidak berkembang dan minuman jeruk pada tahun-tahun sebelumnya itu masih produksi perorangan”.

Pembeda antara minuman jeruk yang sudah ada itu dengan inovasi mahasiswa UMM adalah jika produksi seorang warga di 4 tahun lalu hanya air sari jeruk yang dikemas. Sedangkan mahasiswa UMM membuatnya dengan lebih menarik disertai bahan-bahan pendukung lainnya.

 

Heavy Orange merupakan produk minuman jeruk. Cara pembuatannya sangat mudah, hanya membutuhkan beberapa bahan seperti susu UHT, biji selisih, jelly, gula, buah naga (atau buah-buahan lain sesuai selera) dan tentunya buah jeruk. Hal inilah yang membuat mahasiswa UMM tetap yakin bahwa progamnya merupakan sebuah inovasi baru bagi warga, yang mereka mulai dari ibu-ibu PKK.

“Sekilas hampir sama dengan tema “Minuman Jeruk”, namun pada produk kami tentu berbeda. Jika sebelumnya adalah murni sari jeruk. Namun pada inovasi kami kali ini bukan hanya berisi air jeruk saja” pungkas Imam Fahrudin selaku Koordinator PMM Kelompok 96 UMM.

“jeruk-jeruk hasil panen yang langsung dijual mentahan ke pengepul atau langsung ke pembeli, kami berharap dapat diolah terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami gagaskan kepada warga untuk membuat produk minuman Heavy Orange agar nilai jualnya juga semakin tinggi” lanjutnya.

About Imam Fahrudin

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua. Saya Imam Fahrudin akan menemani waktu anda dengan bahan bacaan yang segar dan cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*