Home > Aktivitas > Mahasiswa UMM Inisiasi Budidaya Ikan Lele Hidroponik di Desa Wisata Petik Jeruk Kota Malang

Mahasiswa UMM Inisiasi Budidaya Ikan Lele Hidroponik di Desa Wisata Petik Jeruk Kota Malang

Malang, 18 April 2021, Mahasiswa UMM membuat inovasi baru bagi warga desa Selorejo untuk memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat budidaya ikan lele hidroponik. Hal ini dinilai menantang sebab kegiatan ini dilakukan di tengah warga desa yang 99% bermata pencaharian sebagai petani jeruk.

Budidaya ikan lele hidroponik adalah gabungan budidaya lele dan bercocok tanam sayur mayur. Dalam Kegiatan ini, mahasiswa UMM memakaii ember ukuran besar sebagai media utama sebagai tempat hidup bibit lele dan bibit sayur. Untuk satu ukuran ember besar dapat diisi 100-150 bibit ikan lele dan untuk sayur dapat memilih sayur bayam, kangkung, sawi, dan sebagainya.

Inovasi budidaya lele hidroponik dilatar belakangi oleh mahasiswa yang memikirkan fakta desa bahwa kebanyakan warga berkerja di sebagai petani jeruk. Di sisi lain, perkarangan rumah warga yang luas dibiarkan kosong. Oleh karena itu ide ini muncul.

Mahasiswa yang tergabung dalam progam Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 96 Gelombang 4 tahun 2021 tersebut mencoba hal yang tidak biasa di lingkungan masyarakat desa.

Koordinator PMM Kelompok 96, Imam Fahrudin menyebut bahwa “inovasi kami ini dilakukan sebab rumah warga di desa tersebut memliki perkarangan yang luas dan masih kosong atau belum dimanfaatkan. Oleh karena itu, selain bisa mendapat penghasilan dari jeruk, harapannya jika dikembangkan dengan serius budidaya lele hidroponik dapat memberi penghasilan tambahan”.

Seorang warga yang menerima sosialisasi dan mendapat media budidaya lele hidroponik menyebut bahwa “ide gagasan dari teman-teman mahasiswa ini masuk akal, tanaman sayur bisa tumbuh subur terkena air ikan lele dibawahnya”, pungkas Sukari.

Budidaya ikan lele hidroponik adalah gabungan budidaya lele dan bercocok tanam sayur mayur. Dalam kegiatan ini, mahasiswa UMM memakaii ember ukuran besar sebagai media utama sebagai tempat hidup bibit lele dan bibit sayur.

About Imam Fahrudin

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua. Saya Imam Fahrudin akan menemani waktu anda dengan bahan bacaan yang segar dan cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Queen Apple Malang Farah Quinn

Queen Apple Mengajak Meet & Greet Pelanggan Setianya Bersama Farah Quinn

Queen Apple Malang Kota Malang – Warga Malang Raya kemarin begitu dimanjakan dengan Queen Apple. ...

Pembukaan MTQMN XV 2017 – Syech Saad Husein : “Dua juara MTQ tahun ini akan berangkat Haji”

Jum’at, 28 Juli 2017, bertempat di lapangan rektorat, Universitas Brawijaya, Pembukaan MTQMN XV 2017 atau ...