Home > Inspiratif > Di Hari Sumpah Pemuda! Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UMM Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Kemenpora

Di Hari Sumpah Pemuda! Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UMM Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Kemenpora

Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) UMM Juarai Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

MALANG CITIZEN – Fadilah Ahmad Nur, seorang pemuda asal Sumbawa, NTB yang saat ini berstatus Mahasiswa di Universitas Islam Terbaik di Dunia tahun 2021 versi UniRank sukses raih juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Pendidikan.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang itu terpilih menjadi juara 1 dalam pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Republik Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24-26 oktober 2021 di Jakarta untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Perwakilan pemuda dari berbagai provinsi di Indonesia dihadirkan dengan proses yang begitu panjang.

Peserta merupakan pemuda yang memiliki kepedulian terhadapt isu pendidikan. Diantara mereka memiliki sebuah wadah, lembaga, atau organisasi di daerah masing-masing dalam membangun pendidikan di tanah air.

Saat ini tercatat Fadilah Ahmad Nur masih berada di semester 7 di Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dirinya merupakan Founder atau perintis terbentuknya sebuah organisasi pemuda Sasambo Youth Education (SYE).

Sebuah organisasi yang berfokus pada dunia pendidikan. Dirinya mendirikan SYE dengan berbagai latar belakang dan alasan. Dirinya menyadari perlu adanya organisasi sekelompok pemuda untuk menangani masalah pendidikan di daerahnya.

Diantaranya dirinya menyoroti bahwa di NTB masih banyak anak yang putus sekolah dengan berbagai faktor.

“Pada tahun 2015, ketika saya mengikuti Forum Anak Provinsi NTB, saya miris melihat kondisi pendidikan NTB masih banyak anak yang putus sekolah,” ujar Adil, panggilan akrab Fadillah Ahmad Nur (28/10).

“Beberapa faktor yang menyebabkan anak putus sekolah di NTB, diantaranya faktor ekonomi, faktor nikah dini, faktor pola pikir, dan faktor orientasi kerja,” lanjutnya.

Sasambo Youth Education (SYE) memiliki beberapa program dalam membangun kualitas pendidikan nasional dengan solusi dan kontribusi.

Melalui SYE yang digagasnya, dirinya mengembangkan beberapa program diantaranya Relawan Pendidikan, Ngobrol Pintar (Ngopi), Ruang Bincang (Rubic), Festival Keagamaan Ramadhan, Tongkorongan Anak SYE, Beasiswa Corner, Berbagi Buku, Webinar, dan Pelatihan.

Selain itu SYE juga memiliki banyak kegiatan dan sejumlah gebrakan baru.

“Ada juga inovasi dibidang pendidikan berupa media pembelajaran huruf Hijaiyah bernama MOCI (Monopoli Circle) dan Ide inovasi aplikasi pendidikan bernama Islamic Education Application by Android,” ujar Adil.

Dirinya berharap untuk kedepannya agar para pemuda dapat terus melakukan inovasi-inovasi di segala lini kehidupan.

“Saya berharap pemuda dan pemudi NTB mampu berprestasi di segala lini, Semoga saya dapat bertemu dengan pak Gubernur dan Bupati Sumbawa Agar kedepannya kegiatan kepeloporan tetap disupport,” pungkas Adil.

About Imam Fahrudin

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua. Saya Imam Fahrudin akan menemani waktu anda dengan bahan bacaan yang segar dan cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bahas Kajian Islam Pascapandemi, Webinar Internasional Fakultas Agama Islam UMM Gandeng 10 Narasumber dari 6 Negara

MALANG CITIZEN – Memperoleh predikat kampus Islam terbaik di dunia versi UniRank tahun 2021 ini, ...

UMM Jalin Sinergi Antar Lembaga Pendidikan Muhammadiyah, Kirim Mahasiswa Magang Secara Daring

Malang Citizen – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Fakultas Agama Islam resmi menjalin kerja sama ...