Home > Tips > Ingin Ngevlog? Ini 7 Tip dan Trik Sederhananya

Ingin Ngevlog? Ini 7 Tip dan Trik Sederhananya

Tahun sekarang, eranya vlog (video blogging). Saya tahunya juga baru-baru ini, setelah melihat beberapa teman yang mulai ngevlog.

Saya perhatikan, memang benar, vlog saat ini sedang hits. Salah satu buktinya, banyak bermunculan vlogger (sebutan bagi orang yang ngevlog) dengan ragam topik serta media NET TV memberi ruang pada vlogger.

Alhamdulillah kemarin video saya tentang Taman Kelinci dimuat di NET TV. Bisa ditonton di bawah ini.

https://cdn.netcj.co.id/video/2016/12/27/429998.mp4?_=1

O ya di bawah ini, saya berikan juga beberapa vlog saya. Boleh ditontonloh 🙂

Saat video dimuat di NET TV. Saya mendapatkan informasi dari mereka, jika saya dapatkan kompensasi. Alhamdulillah.

Lumayan bukan? Kita berkarya, menambah portofolio, sambil menambah pemasukan, hehe.

Kemudian sampai hari ini, di web net.cj.co.id, sudah ada lima video saya yang siap diterbitkan, tinggal tunggu waktu yang sesuai.

Ditulisan kali ini, saya ingin berbagi hal sederhana tentang ngevlog. Tentang tips dan trik ngevlog. Siapa tahu ada di antara Anda tertarik ingin ngevlog.

Tujuh tip dan trik ngevlog, sederhana dan mudah

  1. Jangan bingung memilih topik! Biasanya untuk pemula akan bingung menentukan topik. Ada yang menyarankan topiknya sebaiknya spesifik. Ada juga yang menyarankan campuran. Saya sarankan, jika kamu masih pemula/belum terjun di dunia vlogging, sebaiknya pilih topik campuran. Topik ini akan memudahkanmu terbiasa dan konsisten untuk berkarya.
  2. Gunakan alat seadanya. Jangan ribet! Untuk awal, jangan pernah berpikir yang tinggi-tinggi. Bahkan jangan lihat para vlogger profesional. Takutnya kalau kamu melihat, bukan termotivasi, malah sebaliknya, pesimis. Soalnya kalau saya lihat, alat-alat yang digunakan cukup mahal. Jadi bagi kita yang masih pemula, takutnya gak mulai-mulai. Jadi, gunakan smartphone yang ada ditanganmu sekarang. Maksimalkan itu.
  3. Mulai saja, upload dan share! Bagi kita yang masih pemula, poin pentingnya adalah kenikmatan untuk berproses. Kepercayaan untuk berkarya dan mulai dahulu. Biasanya kalau kita mulai dahulu. Kita akan mudah untuk melangkah ke depan. Kamu bisa share vlogmu di facebook, instagram atau youtube.
  4. Gunakan smartphone Kamu bisa memaksimalkan smartphone yang dipunya. Ada aplikasi edit video yang bisa Anda gunakan, seperti Viva Video, Power Director, Legenda, dan Quik. Aplikasi tersebut ada yang gratis dan berbayar. Saya menyarankan ini, karena edit lewat smartphone lebih mudah dan cepat, daripada lewat laptop. Walaupun dalam hal kualitas tentu lebih bagus lewat laptop. Tapi untuk pemula, maksimalkan smartphone-mu untuk merekam dan edit video.
  5. Gunakan tripod agar video yang diambil tidak goyang dan lebih bagus hasilnya.
  6. Jangan hiraukan kritikan orang, fokus pada karya dan nikmatilah! Apa pun yang kita lakukan pasti ada orang yang mendukung dan mengkritik. Maka tetap fokus berkarya dan nikmati tiap prosesnya ya. Sebab konsistenlah yang akan menentukan kita akan menjadi seperti apa.
  7. Terakhir yang penting, niatkan dalam proses belajar ini untuk Allah. Niatkan untuk kebaikan, agar apa yang kita lakukan tidak sia-sia dan bermanfaat besar.

Berikut tujuh hal mendasar tip dan trik ngevlog. Intinya, dari sini, rekam momen istimewa disekitarmu, edit pakai aplikasi di smartphone, kirim ke web net.cj.co.id, atau upload ke youtube, IG/FB.

Bagaimana, siap untuk ngevlog?

About Sandi Iswahyudi

Blogger, traveler, pebisnis online, dan suka dengan dunia internet marketing. Portofolio lengkap bisa dilihat di cv.sandiiswahyudi.com. Untuk penawaran kerja sama email ke iswahyudi779@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*