Home > Info Malang > Inilah yang Mendasari Gerakan Pengabdian “Brawijaya Mengajar”

Inilah yang Mendasari Gerakan Pengabdian “Brawijaya Mengajar”

Brawijaya Mengajar

Mahasiswa dituntut agar ilmu yang didapatkannya di kampus tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain yang ada disekitarnya. Agar ilmu yang didapatkan tentunya dapat tersebar dan bermanfaat untuk orang lain tersebut. Selain itu, ini juga untuk mengimplementasikan saluh satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Hal inilah yang kemudian mendasari sebuah gerakan pengabdian dalam ranah pendidikan yang ada di Universitas Brawijaya (UB) untuk melakukan gerakan bernama Brawijaya Mengajar.

Brawijaya Mengajar merupakan gerakan inisiatif mahasiswa UB yang dibentuk pada 2013. Tujuannya adalah untuk membantu menghidupkan lingkungan pendidikan di sekolah dasar yang membutuhkan. Gerakan ini bertujuan sebagai pendorong bagi mahasiswa UB dalam menyiapkan mental dan fisik ketika ada di tengah masyarakat nantinya.

Ketimpangan kualitas secara materi dan SDM pendidikan di Kabupaten Malang ,yang merupakan Kota tempat berada beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia sangat kentara jelas. Ini kondisi yang sangat memperihatinkan, karena ini membuktikan bahwa kurangnya totalitas pengelola pendidikan. Pembangunan pendidikan terlihat uerang merata yang terkesan “meminggirkan” yang terpinggir.

Brawijaya Mengajar

Kegiatan rutin Brawijaya Mengajar berlangsung setiap Sabtu selama satu tahun. Sebelum pengajaran biasanya dilakukan juga persiapan pada hari Kamisnya guna membahas materi dan juga evaluasi pembelajaran sebelumnya. Serangkaian kegiatan dilakukan bersama sekolah dasar yang menjadi binaan yaitu SDN 03 Sumberejo di Dusun Wonokerto, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Selain itu juga di MI Al-Ihsan di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Yang terakhir di SDN 04 Wonorejo di Desa Pusung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Pagi hari dimulai kegiatan pengajaran akademik dengan metode pengajaran yang kreatif seperti mendongeng atau permainan edukasi sehingga para siswa mudah menyerap materi yang diberikan. Pengajaran akademik menyesuaikan dengan mata pelajaran yang diampuh oleh sekolah binaan seperti matematika, IPA, dan lainnya.

Brawijaya Mengajar

Siangnya merupakan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, kesenian maupun olahraga. Para siswa diharapkan dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik sesuai dengan minatnya. Kegiatan kesenian dapat berupa karya cipta maupun tarian-tarian daerah sedangkan untuk olahraga biasanya adalah volley dan sepak bola.

Masdar Mahasin, salah satu pengurus Brawijaya Mengajar Angkatan VI mengatakan, tenaga pengajar merupakan mahasiswa yang masih berkuliah di Universitas Brawijaya yang berasal dari berbagai jurusan maupun fakultas dan merupakan mahasiswa minimalnya tahun kedua. Pengajar biasanya disebut Sobat Mengabdi.

Brawijaya Mengajar

“Mereka dari berbagai jurusan, prodi, dan fakultas. Syaratnya, mereka berkuliah di tahun kedua dan ketiga,” katanya saat ditemui Sabtu (11/8/2018) di SDN 03 Sumberejo.

Selain kegiatan pengajaran, beberapa program lain yang dilakukan adalah lingkar gerakan mengajar mahasiswa UB untuk diskusi dengan berbagai gerakan mengajar tiap fakultas yang ada di UB, Brawijaya Berkunjung untuk silaturahmi dengan gerakan mengajar tiap kampus, buka puasa bersama dengan para alumni Brawijaya Mengajar, dan peringatan-peringatan hari besar bersama sekolah untuk mengenang jasa-jasa pahlawan.

Brawijaya Mengajar

Melalui gerakan Brawijaya Mengajar diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang membutuhkan. Dan juga dengan gerakan ini harapannya dapat “menyalakan api menimbulkan asap”, sehingga kemudian membaralah semangat mencari ilmu anak bangsa di sekolah yang dibina. Selain itu, gerakan ini juga dapat menjadi pemantik bagi mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa sosial dan tanggung jawab dalam membagikan ilmu yang didapatkan.

About Ibnu Dharma Nugraha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*