Home > Info Malang > #dibalikbar, Giat Seorang Coffee Blogger Malang

#dibalikbar, Giat Seorang Coffee Blogger Malang

Sophia Mega Kopi Malang

Tanggal 4 Januari 2018, kami diundang untuk datang ke sebuah acara yang diselenggarakan oleh mikirin.id bekerjasama dengan seorang coffee blogger asal malang bernama Sophia Mega, atau yang akrab dipanggil Mega. Dirinya sering bercerita tentang kopi dan buku dalam blog pribadinya dengan alamat domain sophiamega.com. Dibantu oleh mikirin.id, Mega menggelar sebuah   sederhana yang mengangkat seputar kopi dari sudut pandang pemilik kedai dan baristanya. Talkshow tersebut diberi nama #dibalikbar, sementara kedai yang diangkat pada saat itu adalah amstirdam cafe.

Pada acara tersebut, dibahas tuntas mengenai perjalanan 6 tahun pemilik cafe yang dikenal dengan nama Pak Raja. membahas tentang bagaimana konsep cafenya, bagaimana dirinya mempelajari proses roasting kopi dari biji kopi hijau yang mentah menjadi biji hitam yang siap diseduh dengan beragam metode mulai dari tubruk, filter kertas, hingga mesin kopi canggih yang menghasilkan berbagai ragam minuman kopi khas italia seperti cappucino dan sebagainya. Acaranya sendiri diselenggarakan di kedai kopi amstirdam.

Yang menarik dari acara tersebut, penonton talkshow -yang juga pengunjung cafe- mendapatkan suguhan berupa gambar-gambar hasil jepretan beberapa fotografer yang sedikit banyak menceritakan suasana cafe dari sudut pandang baristanya. Setiap gambar terdapat sebuah barcode yang menghubung pada blog sophiamega yang menceritakan ulang isi foto.

Sophia Mega Kopi Malang

Bahasan yang menarik adalah penciptaan menu yang dilakukan oleh barista bernama Franky. Menu itu adalah “minuman sejuk”. Menu ini terlahir atas tanggapan amstirdam akan tren kopi kekinian yang sedang ramai beberapa bulan ini. Minuman Sejuk sendiri terdiri atas 3 varian yakni kopi sejuk, matcha sejuk, dan coklat sejuk. Menu ini adalah dobrakan bagi amstirdam sendiri yang selalu menyajikan kopi panas bernuansa italia, sementara minuman sejuk -terutama kopi sejuk- adalah minuman dingin yang dibuat dengan resep minuman manis yang sangat khas dengan kopi-kopi desa di Indonesia.

Talkshow berjalan khitmat dipandu oleh seorang moderator. Moderator memandu jalannya acara yang menyajikan pengalaman sang pemilik kedai dalam menjalan usaha, barista dalam menyeduh kopi, dan pelanggan setia tentang pengalamannya menemukan kopi yang tepat untuk dirinya. Mega juga mengisi acara dan berbicara banyak tentang blognya yang membahas kopi.

Rencananya acara serupa akan terus diselenggarakan di berbagai kedai di kota malang yang tujuannya untuk lebih mengedukasi penikmat kopi, baik itu pemula maupun yang “Pro”. Diharapakan para penikmat kopi lebih banyak dapat mendalami proses perjalanan kopi yang dia minum, bagaimana kedai kesayangannya berdiri, dan bagaimana seorang barista terus belajar dan mencari racikan yang baru untuk konsumennya. Dengan demikian perjalanan antara penikmat kopi akan dipertemukan dengan kopi yang tepat bagi dirinya.

About Nugraha Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*