Home > Blogging > Cara Mudah Agar Artikel Cepat Terindex Google

Cara Mudah Agar Artikel Cepat Terindex Google

Sebenarnya kalau sobat-sobat blogger Malang ditanya untuk apa kita bikin atau membuat blog ??? jawabannya pasti macam-macam. Ada yang ingin menulis atau bercerita tentang pengalaman hidup, ada yang bertujuan untuk berbagi ilmu atau pengetahuan, ada yang memakai untuk sarana promosi atau berjualan, memonetise agar dapat penghasilan dari google adsense atau program affiliasi, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali alasan untuk membuat blog. Yang pasti dalam mebuat blog tujuan kita hanya satu, yaitu agar blog bisa dibaca atau dilihat orang lain dan bisa memberikan manfaat bagi pembacanya.

Kegiatan blogging tidak jauh dari kegiatan menulis dan memposting artikel ke blog itu sendiri. Nah apalah artinya kalau kita bisa membuat tulisan atau konten yang bermutu namun tidak terbaca oleh mesin pencari seperti google, yahoo, dan bing ??

Apalah artinya punya banyak artikel namun tidak terbaca oleh siapapun karena postingan kita tidak ter index atau muncul di mesin pencari atau search engine ketika ada seseorang mencari informasi yang kebetulan sesuai dengan artikel yang kita buat, sangat disayangkan bukan.

Nah, kali ini saya berikan beberapa tips atau cara mudah agar artikel atau postingan yang kita buat bisa terindex google dengan cepat. Tips ini sangat mudah dilaksanakan, bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Dan langkah ini juga merupakan dari optimasi blog/web yang biasa disebut dengan SEO (search Engine Optimization).

Agar Artikel Cepat Terindex Google

Cara Mudah Agar Artikel Cepat Terindex Google

1.Daftarkan Blog ke Google Webmaster

Bila kita ingin artikel yang kita posting dapat segera terindex google, maka kita harus memahami cara kerja mesin pencari itu sendiri, salah satunya adalah berkawan dengan google he.he.. Bagaimana caranya ?? yaitu dengan mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster. Bagaimana caranya ??? terlebih daftarkan blog sobat-sobat ke google atau istilah verifikasi google, artikel bisa dilihat di Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

2. Panjang artikel minimal 300 kata

Artikel yang ditulis lebih dari 300 kata akan mudah terindex google, bahkan banyak yang menyarankan minimal 500 kata. Saya yakin sobat-sobat pasti bisa membuat artikel seperti ini. Dan dalam artikel selipkan gambar atau video penunjang tulisan, minimal ada satu gambar atau foto dalam suatu artikel.

3. Submit Link Artikel pada Google Add Url

Tiap kali selesai posting artikel segera usahakan langsung submit ke google add url dengan alamatย  https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?pli=1 hal ini sangat penting dan besar pengaruhnya terhadap cepat atau lambatnya posting ter index google.

4. Share artikel ke berbagai sosial media

Setelah selesai submit artikel ke google add url selanjutnya share artikel tersebut ke berbagai sosial media. Yang cukup signifikan adalah ke Googleplus, Twitter, dan Facebok, setelah itu bisa ke web social bookmark lainnya semacam pinterest, digg, dll.

 

Setelah kita lakukan beberapa langkah di atas, saatnya kita cek apakah postingan kita sudah ter index google atau belum. Caranya sangat mudah, cukup copy link atatu url postingan tersebut kemudian paste ke kolom pencarian google.

Bila artikel sudah terindex, maka tampilan google akan seperti ini.

 

Dan terapkan cara ini setiap kali sobat blogger Indonesia selesai posting dan mempublish artikel baru.

Cara ini juga berlaku bagi postingan artikel lama yang belum terindex google.

Demikian yang bisa saya sampaikan sedikit tips sederhana Cara Mudah Agar Artikel Cepat Terindex Google.

Semoga bermanfaat…

About M. Assaifi

M. Assaifi
hanya sekedar manusia biasa yang sedang mencari banyak pengetahuan dan pengalaman agar bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya

9 comments

  1. Cateeet…. terima kasih Pak, tips nya…

  2. Wah! Langsung praktek wes! Hehe

  3. makasih bang atas tipsnya,

  4. ada perbedaan ga sih Google add url sama fetch as google di search console ?

  5. Wah terima kasih tipsnya, Pak. Semoga bisa langsung saya kerjakan.

  6. Mantap pak, lanjutkan!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*