Home > News > Bukti Nyata Pertamina Dalam Komitmennya Sebagai Perusahaan Berbasis Lingkungan

Bukti Nyata Pertamina Dalam Komitmennya Sebagai Perusahaan Berbasis Lingkungan

HUT Pertamina

Balikpapan adalah satu dari lima lokasi yang dipilih oleh PT Pertamina(Persero)  sebagai lokasi untuk melaksanakan program Pemberdayaan Pesisir dan Pembenihan pantai Kampung Nelayan. Akan tetapi bukan hanya Balikpapan, melainkan total ada lima lokasi lainnya yang juga secara serentak melaksanakan program yang merupakan bagian dari peringatan HUT Pertamina ke-59 tanggal 10 Desember 2016 silam. Kelima lokasi tersebut adalah Pantai Kampung Bugis di  Tanjung Uban Kepulauan Riau, Pantai Mutiara Hijau di Karangsong, Pantai Balongan di Jawa Barat,  kemudian Pantai Teluk Penyu di Cilacap Jawa Tengah, serta Pantai Grand Watu Dodol di  Banyuwangi  Jawa Timur. Sementara itu untuk lokasi pelaksanaan di Balikpapan, diadakan di Kampung Atas Air,  Kelurahan Margasan dan dilanjutkan di Kampung Baru Tengah.

Sebanyak kurang lebih 400 orang peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, yakni para pegawai Pertamina,  warga, SKPD, nelayan dan  petani serta para relawan sangat antusiasi dalam mengikuti kegiatan ini di Kampung Atas Air, di Kelurahan Margasan dan Kampung Baru Tengah ini.

Dituturkan oleh Direktur Pengolahan Pertamina, yakni bapak Toharso, kegiatan bersih-bersih lingkungan pesisir dan kampung nelayan ini diadakan untuk mengurangi citra buruk Indonesia sebagai negara dengan pantai yang kotor, sebab Indonesia termasuk ke dalam 10 negara dengan pantai paling jorok di seluruh dunia. Dengan diadakannya kegiatan bersih-bersih area coastal di pesisir Indonesia, diharapkan kesadaran masyarakat lebih tergugah untuk memerdulikan kelestarian lingkungan pesisir pantai, dan yang paling utama adalah memiliki kesadaran pribadi untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Adanya program ini menjadi bukti komitmen Pertamina tentang peran aktifnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan yang bertempat tinggal di sekitar pesisir, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Komitmen Pertamina sebagai perusahaan yang berbasis lingkungan, selalu berusaha untuk melestarikan lingkungan dan turut memfasilitasi pensejahteraan mayarakat di sekitar area operasi bisnis mereka.

Dalam Program Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Kampung Nelayan kemarin, selain bersama-sama membersihkan area coastal di sekitar Kampung Atas Air, juga dilakukan penanaman mangrove serta diberikan pula berbagai bantuan yang kelak berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berikut adalah bantuan yang diberikan oleh PT Pertamina (Persero) kepada masyarakat di Kampung Atas Air dan Kampung Baru Tengah :

  1. Pemberian bantuan sampan
  2. Perangkat alat pengelolaan sampah (seperti gerobak, alat pencacah mesin kompos, pengeruk, tempat sampah organik dan anorganik)
  3. Bantuan Bank Sampah untuk Kelurahan Margasari
  4. Bantuan alat sealer vakum kemasan dan bantuan infrastruktur penjemuran ikan kepada kelurahan Kampung Baru Tengah.
  5. Pemberian bantuan alat pelindung diri (APD)
  6. Bantuan mesin olahan rumput laut untuk Kelompok Binaan Olahan Rumput Laut Sumber Laut Berjaya Manggar
  7. Bantuan bibit mangrove sebanyak 7.400 batang
  8. Bantuan Mangrove Village tahun 2017
  9. Bantuan Diversifikasi Produk Olahan Ikan tahun 2017

Tak lupa, dalam HUT ke 59 ini Pertamina juga memberikan bantuan untuk renovasi taman baca, pengobatan gratis untuk mayarakat dan santunan untuk 59 anak yatim.

About Anisa Ae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tetap Aman Memakai Rok saat Berkendara dengan Sepeda Motor

Saat ini rok diidentikkan sebagai pakaian wanita. Dulu kaum Adam juga menggunakan rok, bahkan di ...

Baru! Inilah Pesona Flora Wisata San Terra Delaponte Pujon

Kota Batu terus menggeliat membangun sektor pariwisatanya. Di Desa Pandesari Kecamatan Pujon – Batu Kabupaten ...