Home > Inspiratif > Bisnis Tanaman Hias yang Belakangan Laris dan Bisa Hasilkan Cuan Melimpah

Bisnis Tanaman Hias yang Belakangan Laris dan Bisa Hasilkan Cuan Melimpah

Ilustrasi: @daria

Masa pandemi membuat banyak orang memiliki cara tersendiri untuk mengusir penat dan bosan selama di rumah. Ada yang tiba-tiba jadi pecinta hewan, jadi tukang dengan menghasilkan barang-barang unik, serta ada yang juga mulai mencoba merawat tumbuhan. Dari ketiga ini yang terakhir itu memang belakangan cukup menyita perhatian.

Berangkat dari hobi menghias rumah dengan tanaman hias, beberapa orang beralih jadi penjual. Alasannya karena siapa sangka tumbuhan-tumbuhan begitu laris belakangan. Bahkan beberapa tanaman seperti Janda Bolong bisa laku hingga angka belasan juta lebih. Nah, berlatar belakang inilah rasa-rasanya kita juga bisa mencoba hal yang sama.

Bisnis tanaman hias memang tengah digandrungi sekarang dan banyak orang yang mencoba peruntungannya. Kabar baiknya, permintaan pasar masih besar sehingga siapa pun bisa punya kesempatan mencoba. Tapi sebelum benar-benar mencoba tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Jenis Tanaman Hias

Sebelum memulai menjual tanaman, pastikan kita punya dulu pengetahuan terkait hal tersebut. Misalnya soal tanaman yang ingin dijual, kita mesti tahu apakah jenis tersebut sedang diminati dan bagaimana peluangnya, termasuk untuk jangka yang lebih panjang. Selain jenis tentu ketahui cara merawat tanaman dengan baik sehingga tumbuh sehat. Fisik tanaman yang bagus jadi pertimbangan penting pembeli sebelum memboyongnya.

Cara Mendapatkan Tanaman Hias

Jika dirasa sudah memahami soal tanaman dan cara merawatnya, kemudian cari tahu bagaimana cara mendapatkannya. Ini tidak mudah lho karena beberapa tumbuhan stoknya sangat susah. Bahkan tanaman-tanaman yang sedang populer seperti Janda Bolong, dikatakan stoknya jarang. Untuk mengatasi masalah ini ada baiknya bergabung dengan komunitas bahkan petaninya langsung. Namun jika dirasa mampu maka budidaya sendiri bisa jadi pilihan yang bagus.

Pemasaran Tanaman Hias

Setelah semua modal dimiliki terutama dalam hal ini stok tanaman dan penjualnya, maka saatnya pasarkan. Paling bagus selain offline tentu saja melalui media sosial. Cari tahu bagaimana cara memotret tumbuhan dengan bagus sehingga pembeli tertarik. Banyak para penjual tumbuhan yang sukses berangkat dari sini.

Aplikasi Pendukung Bisnis

Pelan-pelan nikmati prosesnya dan jika sudah mulai banyak order, maka saatnya mempertimbangkan penggunaan beberapa apps pendukung seperti aplikasi kasir. Lewat aplikasi ini kita tidak perlu risau soal pencatatan karena semua bisa tersimpan rapi dan aman, serta bisa diperbarui datanya kapan saja.

Tak hanya sampai situ, aplikasi kasir juga bisa merekam data-data transaksi sehingga kita tak perlu bingung untuk mencari riwayat penjualan-penjualan yang pernah dilakukan. Wah, sangat membantu pebisnis ya. Tidak perlu repot menulis secara manual karena dimudahkan dengan kecanggihan teknologi.

Berbisnis tanaman hias di masa pandemi ini merupakan peluang yang bagus. Bahkan permintaan akan beberapa jenis tumbuhan masih sangat tinggi. Jadi, berminat untuk jadi pengusaha tanaman hias?

About Malang Citizen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*