Home > Info Malang > Bahas Kajian Islam Pascapandemi, Webinar Internasional Fakultas Agama Islam UMM Gandeng 10 Narasumber dari 6 Negara

Bahas Kajian Islam Pascapandemi, Webinar Internasional Fakultas Agama Islam UMM Gandeng 10 Narasumber dari 6 Negara

MALANG CITIZEN – Memperoleh predikat kampus Islam terbaik di dunia versi UniRank tahun 2021 ini, Fakultas Agama Islam UMM gelar Webinar Internasional bahas studi Islam Selasa (31/8).

Webinar Internasional ini mengusung tema “Islamic Studies in The Post-Pandemic Covid-19 Era: Challenges and Critical Issues”.

Peserta Webinar Internasional berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Mahasiswa, Dosen, maupun pegiat dan pengamat pendidikan, ekonomi, dan hukum Islam.

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 31 Agustus 2021 dan dilangsungkan secara virtual, serta dibuka untuk umum.

Pada Webinar Internasional ini para narasumber mendefinisikan ulang studi Islam dan menggambarkan tantangan dan isu-isu dalam kajian Islam di masa pascapandemi.

Setidaknya ada sepuluh narasumber dari enam negara yang berbeda yakni Saudi Arabia, Tunisia, Australia, California, Malaysia, dan Indonesia.

Narasumber yang didatangkan merupakan Professor dan Doktor yang ahli pada bindangnya masing-masing. Kesepuluh pembicara atau narasumber yang dihadirkan dalam Webinar Internasional ini antara lain:

Narasumber Utama

Dr. Fauzan, M.Pd (Universitas Muhammadiyah Malang)

Datin Prof. Dr. Raihanah Binti Haji Abdullah (Universiti Malaya)

Narasumber Sesi Pertama: Studi Pendidikan Islam dan Arab

Pada sesi pertama, para pemateri membedah pendidikan Islam dan Arab dalam konteks global. Mulai dari proses pembelajaran, teknologi, dan karakteristiknya.

  1. Prof. Dr. Muhammad Ali (The University of CaliforniaRiverside)
  2. Prof. Dr. Moncef Ben AbdelJelel (University De Saosa,Tunisia)
  3. Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. (Universitas Muhammadiyah Malang)
  4. Dr. Abdul Haris, MA (Universitas Muhammadiyah Malang)

Sesi Kedua: Studi Hukum Islam dan Ekonomi Islam

Pada sesi kedua, para pemateri membedah hukum Islam dan ekonomi Islam yang ditinjau dari Maqashid-nya dan kemungkinan-kemungkinan perkembangannya di masa depan.

  1. Prof. Dr. Nadirsyah Hosen. (Monash University, Australia)
  2. Prof. Dr. Khalaf Solaman Alnemarie (George Washington UniverGeneral Manager, Khalaf Alnemari Office For Economic Consultancy – Makkah)
  3. Dr. Pradana Boy ZTF (Universitas Muhammadiyah Malang)
  4. Dr. Rahmat Hakim. M.MA (Universitas Muhammadiyah Malang)

Diketahui saat ini Fakultas Agama Islam memiliki empat program studi yakni Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Ekonomi Syariah, dan Hukum Keluarga Islam

Dekan Fakultas Agama Islam, Prof. Dr. Tobroni, M.Si., menyebut bahwa Webinar Internasional ini sangat penting dan dibutuhkan oleh akademisi di masa mendatang.

“Masih kurangnya kajian terkait peran kajian keislaman di masa pascapandemi. Kajian ini masih sangat dibutuhkan oleh kalangan akademisi, dimana hasil kajian tersebut akan dijadikan sebagai referensi ilmiah,” ujar Tobroni saat ditemui Malang Citizen.

Tobroni menyampaikan bahwa ada dua hal yang ingin dituju pada pagelaran Webinar Internasional pada pagi hingga sore kali ini.

“Pertama adalah mencoba mengeksplorasi dan mendefinisikan kembali studi Islam. Kedua, menemukan roadmap dan pemecahan masalah terkait tantangan dan isu yang terjadi selama dan setelah pandemi Covid-19 di bindang pendidikan Islam dan hukum Islam.” Ungkapnya saat ditemui Malang Citizen.

About Imam Fahrudin

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua. Saya Imam Fahrudin akan menemani waktu anda dengan bahan bacaan yang segar dan cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*