Home > Blogging > Apa Sih yang Didapat dari Ikut Malang Citizen?

Apa Sih yang Didapat dari Ikut Malang Citizen?

Usia Malang Citizen (MC) –boleh dibilang- masih cukup belia sejak di launching 18 Desember tahun lalu. Namun dalam kebeliaannya tersebut MC sebagai salah satu komunitas blogger di Malang Raya tersebut sudah melaju cukup gesit. Beberapa kopi darat (kopdar) dan even diadakan untuk sekedar silaturrahi sampai me-review tempat yang dikunjungi.

Saya sendiri mencoba menjadi bagian dari MC ini di antara para bloger Malang Raya yang sudah berpengalaman. Sebagai newbie mencoba mengikuti arus yang sudah mengalir kencang. Dalam berbagai kegiatan tersebut tentu ada suka dukanya, dan itu suatu yang biasa dalam menjalani kehidupan, demikian pula dengan MC.

Bersama lebih seru dan menguntungkan. Dok. Richo

Didirikannya MC jelas punya tujuan, dan kita bloger yang ada di MC tersebut berupaya semaksimal mungkin mewujudkan tujuan tersebut. Ada beberapa keuntungan bila kita bergabung di MC diantaranya:

Adanya kebersamaan. Ada kalanya bloger tersebut bergerak dengan “sendirian” dan itu bukanlah masalah. Namun bila dilakukan secara bersamaan akan lebih seru, walaupun datang sendirian ke suatu even tidak akan merasa sendiri. Bila ada teman sesama satu komunitas, ini juga bisa menghindari perasaan sendirian apalagi menjadi bengong. Di sisi lain apabila menginginkan tebengan kendaraan juga tidak akan sungkan, hehehe.

Berbagi informasi. Ternyata banyak pula kegiatan yang berkaitan dengan para bloger. Entah itu peluncuran suatu produk, seminar, ataupun lomba blog sebisa mungkin akan di-share di komunitas. Perkara nanti ikut atau tidak itu urusan belakangan asal infonya tersampaikan. Kadang pula info di luar aktifitas blog begitu diperlukan, misalkan ada yang perlu payung yang murah dan bagus harus beli dimana, anggota yang lainnya pun akan memberitahukannya dengan suka cita.

Bisa dapat gratisan. Kadang kala suatu brand, tempat wisata, hotel, atau resto mengundang komunitas untuk memperkenalkan produknya. Kita yang menjadi anggota komunitas itu  tentunya dapat menghadirinya, dengan suguhan tuan rumah yang –terkadang- memuaskan. Dan itu kita mendapatkannya dengan gratis, misalnya tanpa membayar tiket masuk bila itu tempat wisata. Dan bila “tuan rumah” berbaik hati terkadang sewaktu pulang kita diberi oleh-oleh, yang istilah blogernya goody bag. Tidak jarang pula kadang kita diberi uang saku, sebagai ganti ongkos transport. Mengasikka bukan !

Tambah ilmu dan pengetahuan. Banyak juga anggota komunitas yang sudah berpengalaman di dunia blog. Kita bisa saling sharing pengetahuan baik dari penulisan, fotografi, ataupun video. Kita dapat belajar untuk dapat ilmu sehingga kualitas blog kita menjadi baik. Dan belajar di komunitas itu efektif sebab ilmu perblogingan itu tidak ada dibangku sekolah/kuliah, jika ada pun itu kebanyakan sebatas teori.

Itulah secara garis besar keuntungan mengikuti sebuah komunitas dalam hal ini adalah Malang Citizen. Terus bagaimana dengan kerugiannya? Jika kita sudah merasakan betapa bermanfaatnya mengikuti suatu komunitas ataupun memakai suatu produk, maka pertanyaan apa kerugiannya tidak menjadi relevan lagi. Memang terkadang kita perlu mengeluarkan tenaga ataupun materi, itu pun bukan suatu pengorbangan tetapi sebatas konsekwensi logis. Dan itu suatu yang wajar saja.

Save

About herysupri

Herysupri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ngopi-santai-di-roeang-sedoeh-rakjat-arifharianto-kota-wisata-batu-malang-photo-by-endrita-agung

Menikmati Kopi Khas Malang di Roeang Sedoeh Rakjat

Bersantai dan menikmati sejenak udara khas pegunungan ditemani secangkir kopi khas malang di Roeang Sedoeh ...