Home > Lifestyle > 5 Langkah Dasar Perawatan Wajah Malam Hari

5 Langkah Dasar Perawatan Wajah Malam Hari

Perawatan Wajah

Bangun pagi dengan wajah yang cerah dan sehat bisa menyumbang semangat untuk memulai kegiatan. Siapapun Anda, bisa kok mendapatkan wajah cerah dan sehat! Kuncinya adalah RUTIN melakukan perawatan wajah di malam hari sebelum tidur. Hal ini dikarenakan produk perawatan wajah yang digunakan pada malam hari dapat membantu kulit untuk meregenerasi sel secara lebih optimal. Namun sayangnya, pada malam hari rasanya sudah terlalu lelah dan ingin segera beristirahat. Nah, di artikel ini saya akan sharing tentang 5 langkah dasar perawatan wajah malam hari yang bisa diselesaikan dalam waktu 15 menit saja. Super cepat, mudah, dan tidak perlu banyak produk perawatan. Penasaran?

 

1. Cleansing

Cleansing atau membersihkan wajah merupakan langkah awal dari 5 langkah dasar perawatan wajah malam hari. First cleansing untuk makeup ringan bisa menggunakan micellar water. Produk pembersih ini dapat mengangkat sisa makeup dan kotoran dengan baik. Cara pakainya pun mudah. Tuangkan cairan micellar water pada kapas, kemudian usapkan kapas secara perlahan pada seluruh wajah. Ulangi pemakaian sampai tidak ada sisa makeup atau kotoran yang menyangkut di kapas.

 

First cleansing untuk makeup berat bisa menggunakan cleansing oil. Produk pembersih wajah berbahan dasar minyak ini dapat dengan cepat mengangkat makeup, bahkan makeup yang waterproof sekalipun! Disarankan untuk memilih cleansing oil yang juga aman untuk mata. Cara pakainya cukup tuangkan cleansing oil pada telapak tangan. Kemudian pijat wajah secara perlahan dan lanjutkan pada bagian mata. Terakhir, bilas dengan air.

 

2. Double cleansing

Tahap kedua dari 5 langkah dasar perawatan wajah malam hari adalah double cleansing. Tahap ini berperan untuk meluruhkan semua residu makeup dan kotoran yang kemungkinan masih menempel dikulit. Produk yang digunakan sebagai second cleanser adalah facial foam.

 

Sangat banyak macam facial foam yang dijual di pasaran. Pilihlah yang sesuai dengan permasalahan kulit dan juga jenis kulit. Setelah menggunakan facial foam wajah akan terasa segar dan rasa lelah juga bisa sedikit hilang.

 

Jangan malas melakukan double cleansing, ya! Tidak peduli makeup berat yang super tebal atau makeup ringan, tahap membersihkan makeup haruslah maksimal. Ingat, kulit yang bersih akan memudahkan produk perawatan wajah bisa diserap lebih optimal!

 

3. Toning

Tahap ini berperan untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit agar tidak terlalu basa yang diakibatkan dari pemakaian cleanser. Produk yang digunakan pada tahap ini adalah toner. Saat memilih toner perhatikan kandungan atau bahan aktif yang digunakan. Pada umumnya terdapat dua jenis toner, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Bagi pemula, cukup pilih salah satu saja. Saya menyarankan untuk memilih exfoliating toner dengan kandungan AHA atau BHA yang sangat rendah. Dengan begitu Anda tidak hanya mengembalikan keseimbangan pH kulit, tapi juga melakukan eksfoliasi ringan yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. FYI, sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan juga menyebabkan kulit wajah menjadi kusam (walaupun sudah cuci muka dengan facial foam).

 

Cara pakai toner sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Tuangkan cairan toner pada kapas, kemudian usap perlahan ke seluruh wajah. Hindari bagian mata dan bibir.

 

4. Serum

Tahap keempat dari 5 langkah dasar perawatan wajah malam hari adalah menggunakan serum. Tahap ini merupakan tahap untuk menutrisi kulit. Serum dapat menembus lapisan kulit lebih dalam sehingga dapat memberikan nutrisi bagi kulit secara optimal. Pilihlah serum sesuai dengan tujuan perawatan kulit Anda, apakah ingin mencerahkan kulit atau mengurangi keriput akibat penuaan, dan lain sebagainya.

 

5. Moisturizing

Tahap terakhir adalah menggunakan pelembap, tentunya bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit kering ataupun berminyak sangat disarankan untuk tetap menggunakan moisturizer, terutama jika Anda tidur di kamar ber-AC. Hal terpenting adalah sesuaikan moisturizer dengan jenis kulit Anda, apakah kulit cenderung kering atau berminyak.

 

Jika moisturizer yang dipilih tidak sesuai dengan jenis kulit, maka ada beberapa kemungkinan yang akan Anda rasakan. Bagi pemilik kulit kering kemungkinan Anda tidak akan merasakan efek melembapkan dari moisturizer yang digunakan, sehingga kulit Anda akan tetap kering. Bagi pemilik kulit berminyak, jika Anda salah memilih moisturizer, maka bisa saja kulit Anda akan semakin berminyak. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

 

Nah, setelah melakukan 5 langkah dasar perawatan wajah malam hari, sekarang waktunya untuk tidur dengan tenang. Selamat tidur dan selamat menyambut kulit cerah dan sehatmu esok hari!

selengkapnya...

About Vida Zenitha Sudariasri

Vida Zenitha Sudariasri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*