Home > Inspiratif > 10 Cara Atasi Senewen Saat Ujian

10 Cara Atasi Senewen Saat Ujian

Mendekati masa masa ujian, banyak sekali siswa yang merasa nervous. Hal yang sangat wajar dan sering kita jumpai, malah sedikit stres sebelum ujian itu bagus. Lho kok bagus ?, supaya punya adrenalin untuk memotivasi mengerjakan ujian. Namun kalau terlalu tegang tentu tidak baik bagi diri kita sendiri.

Menurut para ahli, belajar merupakan suatu kegiatan untuk menambah dan mengumpulkan sejumlah ilmu pengetahuan. Pelajar adalah orang yang melakukannya atau pelakunya. Bagi seorang pelajar atau mahasiswa pasti ada kalanya akan berjumpa dengan yang namanya ujian. Ujian merupakan tolak ukur seorang pelajar atau mahasiswa dalam satu semester. Berikut 10 cara agar tidak terlalu senewen saat menghadapi ujian.

1. Siapkan jiwa dan raga sebaik mungkin

Senewen timbul dari rasa tidak percaya diri. Rasa tidak percaya diri bisa timbul karena kurangnya persiapan dalam menghadapi ujian. Solusinya adalah harus belajar dengan baik, jagan sampai belajar dadakan atau sistem kebut semalam karena tidak efektif.

2. Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan sebelum ujian merupakan hal terpenting, tidur yang teratur, makan makanan yang bergizi. Jangan sampai kamu kekurangan tidur dan kurang makan karena dapat mengacau hormon dan mood kamu sebelum ujian.

3. Step by Step

Kerjakanlah soal ujian step by step, jika kamu menemukan soal yang menurut kamu susah maka loncati soal tersebut dan pindah kebagian berikutnya. Pokoknya jangan sampai kamu panik kalau nggak bisa menjawab soal.

4. Stategi menjawab pertanyaan

Kalau kamu mempunyai strategi dalam mengerjakan soal, gunakanlah strategi tersebut. Misal mengerjalan soal yang mudah mudah dulu, kalau ada yang susah lewati dulu. Tiap tiap mata pelajaran gunakanlah strategi yang berbeda beda. Contoh seperti soal esai, kamu jabarkan jawabanmu dalam beberapa paragraf dan buat daftar kosa kata dan konsep tang relevan dengan pertanyaannya, kemudian susun jawabanmu bedasarkan kosa kata dan konsep tersebut,

5. Relaksasi

Kalau kamu masih senewen juga menjelang detik detik ujian, coba kamu tarik nafas dalam dalam lemaskan otot satu persatu, tutup matamu dan bayangkan hal hal yang positif.

6. Jangan ragu bertanya

Jika kamu belum paham atau ada materi yang belum kamu pahami maka jangan malu malu bertanya kepada guru, sahabat, orang tua, agar kamu mendapatkan informasi, petunjuk .

7. Menulislah

Disini maksud dari menulis adalah tulislah perasaan kamu sebelum menghadapi ujian. Curahkan semua yang ada dipikiran kamu, setidaknya dapat membantu kamu melepaskan stres.

8. Hindari orang orang yang memicu senewen

Hindarilah orang orang yang dapat memicu senewen, hindari orang orang negatif.senewenan sehingga kamu tidak bisa belajar dengan baik. Jaga jarak dengan mereka saat musim musim ujian.

9. Berfikirlah logis dan realistis

Stres akan muncul kalau kamu berfikir terlalu buruk, untuk itu kamu harus berfikir positif dan logis.

10. Gunakan afirmasi diri yang positif

Saat kamu senewen biasanya kamu sering self statements yang negatif, hal tersebut dapat memicu kamu menjadi depresi. Oleh karena itu jangan buat pernyataan yang negatif untuk diri kamu sendiri ucao pada diri kamu “ Saya Bisa, Saya Kuat, Saya Mampu “ atau sebagainya yang dapat membuat kamu bersemangat.

About Maulana Malik

Maulana Malik
Scout Today Leader Tomorrow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*